REVIEW - Flight

Daftar Isi (toc)

Sutradara kenamaan yang namanya tak diragukan lagi sejak filmnya berjudul "Forrest Gump" mendapatkan penghargaan bergengsi Academy Awards kategori Best Picture tahun 1995. Robert Zemeckis pun mencoba membuat film luar biasa berjudul Cast Away. Kali ini, Dia mencoba membuat sebuah film yang juga mendapatkan Nominasi di Academy Awards berjudul Flight. Apakah film ini sebagus film-film sebelumnya?

Menceritakan tentang seorang Pilot Captain bernama Whip Whitaker (Denzel Washington) yang sedang menjalani perjalanan menuju atlanta dengan pesawat berisikan 102 orang. Saat awal perjalanan, dia sudah mengalami kesulitan tetapi dengan gampang teratasi. Saat setelah selesai, dia meminum dua botol vodka yang diisikan ke dalam minumannya. Saat penerbangan mengalami masalah lagi, Dia sudah mabuk dan mencoba untuk mengendalikan semuanya. Pesawatnya pun terbalik dan menabrak pemukiman warga meski begitu 102 penumpangnya selamat kecuali seorang pramugari bernama Katerina marquez (Nadine Velazquez). Saat dia selamat dan menjalani perawatan, kasus kecelakaan Whip Whitaker diselidiki. Hugh Lang (Don Cheadle) adalah pengacara yang diutus untuk membantu agar Whip Whitaker tidak bersalah. Disaat dia kesulitan, dia bertemu dengan seorang wanita bernama Nicole (Kelly Reilly) yang juga seorang pecandu narkoba.
http://graphics8.nytimes.com/images/2012/10/28/arts/28FLIGHT_SPAN/28FLIGHT_SPAN-articleLarge-v2.jpg 
Well, Robert Zemeckis sepertinya sudah mulai kembali ke pakemnya untuk membuat film-film yang bertujuan untuk memenangkan nominasi Academu Awards lagi. Setelah beberapa kali kehilangan arah dalam membuat sebuah film Animasi yang memang cukup gagal dari segi kualitas maupun finansial. Mungkin sutradara satu ini merasa terbatasi saat harus menyutradarai sebuah film animasi. Contohnya Mars Needs Moms, A Christmas Carol yang memang gagal dalam memberikan sajian film animasi yang epic dari segi visual maupun cerita dan juga box office yang kurang bersahabat dengan film-film itu. Flight pun menjadi sebuah rasa rindu dari seorang Robert Zemeckis yang sudah membuat sebuah film Masterpiece favorit saya Forrest Gump serta film "Life Of Pi" versi tahun 2000 berjudul Cast Away. Flight memang mempunyai naskah cerita yang original dan menarik tak salah jika film ini masuk nominasi "Best Original Screenplay". Naskah yang ditulis John Gatins ini memang mempunyai sesuatu yang luar biasa. Ini adalah sebuah cerita tentang suatu kecelakaan pesawat yang diambil dari sisi yang berbeda yaitu dari sisi seorang pilot yang memang bermasalah. Tetapi menurut saya, konsep yang menarik itu sepertinya mempunyai konsep yang formulaic sehingga dengan beberapa penceritaan yang cukup cliche and ordinary. Flight sepertinya kurang memberikan sesuatu yang Istimewa jika disejajarkan dengan film-film yang juga bersaing dalam nominasi Academy Awards. Saya memang belum menonton Zero Dark Thirty ataupun Django Unchained. Tetapi, setelah sedikit membaca sinopsis film-film tersebut, Flight sepertinya mempunyai cerita drama yang menurut saya kurang memberikan sesuatu yang spesial dibandingkan dengan konsep-konsep cerita film tersebut. Ceritanya standar saja, dengan penyelesaian yang cukup mudah ditebak meskipun akting dari Denzel Washington yang meyakinkan sehingga membuat penonton akan memberikan beberapa terkaan yang mungkin terkaan mereka salah satunya akan menjadi kenyataan dalam akhir film ini. Beruntung, naskah yang yang simple itu tertangani dengan baik oleh Zemeckis. 
http://www.filmofilia.com/wp-content/uploads/2012/11/FLIGHT-Image-02.jpg 
Naskah cerita sederhana itu dibawakan dengan penyampaian cerita yang padat. Sehingga cerita drama itu enak untuk diikuti. Mungkin ada beberapa penceritaan yang kurang terjabarkan dengan jelas sehingga beberapa bagian terasa seperti di skip. Penggalian karakter yang sepertinya terkesan nanggung terhadap Pilot Whip Whitaker meski semuanya sudah cukup terjabarkan dengan jelas. Begitu pula dengan sesosok Nicole. Itu semua tak begitu berarti karena suguhan drama yang cukup intens. Betapa saya jatuh cintanya dengan Paruh awal film ini. Scene saat kejadian penerbangan pesawat yang mungkin membuat kita yang penasaran bagaimana keadaan di dalam pesawat saat terjadinya kecelakaan. Di film ini semua tergambarkan dengan jelas. Betapa panik, takut, dan cemasnya semua orang yang berada di dalam pesawat itu. Bukan hanya penumpang, tetapi juga awak pesawat yang harus bisa menenangkan para penumpangnya meskipun dirinya sendiri harus melawan rasa takut yang berasal dari dalam dirinya. Yah, adegan didalam pesawat itu adalah adegan jenius, superb dan breathtaking. Meski tetap saja, "adegan didalam keadaan terdesak" di dalam film ini masih belum mengalahkan betapa pedihnya seseorang terbawa arus Tsunami yang kuat milik film "The Impossible". Karena saat akhir adegan kecelakaan pesawat, pengambilan angle kamera dari sudut pandang Whip Whitaker yang menurut saya antiklimaks membuat perasaan saya terjun bebas menjadi biasa saja. Sepertinya Robert Zimeckis kurang bisa menjaga ritme tensi ketegangan film ini. Tak seperti film The Impossible yang memang membuat penontonnya teriris pedih melihat kejadian bencana tsunami. Bersyukur, Aktor Utama film ini yang cukup mempunyai jam terbang tinggi Denzel Washington bermain dengan epic di film ini. Karakter Whip Whitaker yang memang terkadang arogan, egois, serta keras kepala diperankan dengan baik dan natural. Permainan atau gimmick atau gesture mulutnya saat dalam keadaan terjepit yang khas yang membuat acting Denzel Washington terkesan natural. Tak salah jika dia masuk nominasi Best Leading Actor Academy Awards 2012. Pemain wanita pendukungnya Kelly Reilly yang cukup bisa menyeimbangi peran Denzel. Meski memang, center character film ini yaitu Whip Whitaker sehingga screen time Denzel Washington lebih banyak ketimbang yang lainnya. 
Overall, Flight adalah sebuah film drama yang mempunyai konsep yang menarik tetapi tidak memberikan sesuatu yang spesial didalam naskahnya. Beruntung dengan eksekusi yang baik, cerita sederhana ini disampaikan dengan padat dengan sedikit celah kosong yang mungkin termaafkan serta penampilan epic dari aktornya dan jangan lupakan 15 Menit adegan di dalam pesawat yang Superb!
Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.