REVIEW - Wreck-It Ralph

Daftar Isi (toc)


Disney adalah animation movie maker production house yang sudah mempunyai jam terbang tinggi. Kali ini Disney (Walt Disney tanpa bantuan pixar) yang notabene membuat film animasi bergambar 2D membuat film bernamakan Wreck-It Ralph. Ditangan sutradara baru, apakah film ini bisa menyamai kualitas film-film disney yang berkualitas?

Menceritakan tentang Wreck-It Ralph (John C. Reilly) yang sudah bosan menjalani kehidupan menjadi seorang penjahat di sebuah game bernama Fix-It Felix Jr. Suatu ketika, Wreck-It Ralph berusaha untuk mendapatkan sebuah medali yang akan merubahnya menjadi terpandang dipermainannya. Akhirnya dia mencoba mendapatkan sebuah medali di permainan Hero's Duty. Setelah mendapatkan medali itu, tanpa sengaja dia membawa Cy-Bug, penjahat di game itu ke sebuah permainan lain bernama Sugar Rush. Disana Ralph bertemu dengan Venellope, seorang Glitch atau seorang program yang rusak yang tidak diijinkan main di arena. Meski begitu, Venellope pun bersikeras untuk tetap ikut balapan di dalam permainannya. 
Wreck-It Ralph memang sebuah sajian animasi yang pas untuk keluaran disney. Film ini pun juga mempunyai konsep cerita yang cukup unik dan jenius menurut saya oh dan tentunya cerita film ini yang original membuat film ini mempunyai sebuah nilai plus. Membuka suatu ingatan memori masa kecil saya yang sangat suka menghabiskan uang orang tua untuk sekedar bermain di sebuah arcade center dengan permainan tombol yang menyenangkan. Itu yang coba diangkat oleh sutradara baru bernama Rich Moore. Wreck-It Ralph pun menjadi sebuah jalinan cerita animasi yang tak hanya mempunyai konsep yang unik tetapi juga dieksekusi dengan baik. Dari segi cerita, Wreck-It Ralph mempunyai skrip yang tertata, bermutu, serta berkualitas. Skrip yang ditulis pun mempunyai kualitas narasi yang sangat baik. Tak hanya sekedar memberikan sebuah cerita keluarga dengan joke yang cukup pas, tetapi film ini juga memberikan sebuah cerita yang touchable diberbagai aspek film ini. Penyampaiannya pun kuat sehingga penonton ikut emosional saat mengikuti alunan ceritanya yang indah. Yah, jangan sangsikan Disney Pixar atau Walt Disney saat menyampaikan sebuah cerita yang emosional bagi penontonnya. Karena memang mereka sangat jago dalam hal itu. Hampir semua filmnya memberikan sesuatu cerita yang sentimentil sehingga cerita mereka tak kalah mengharukan dengan sebuah cerita film live-action yang mempunyai cerita drama yang kuat. Joke-joke yang diselikan di film ini pun tergolong pas. Tak terlalu banyak yang mungkin penyakitnya akan membuat joke-joke itu terkesan kering. Joke yang dimiliki film ini memang crunchy sehingga membuat kita yang menonton film ini bisa tertawa. Ritme cerita yang begitu tertata dengan kepadatan cerita yang enak untuk diikuti dan jauh dari kesan boring. Memberikan sebuah twist yang tak terduga karena kepadatan ceritanya yang membuat film ini tak tertebak ditengah-tengah. Berbagai penceritaan yang tentunya akan membuat kita terus bertanya kenapa dan kenapa akan segera dijawab dengan baik oleh Rich Moore di bagian penyelesaian film ini dengan sangat surprising. 
Animasi yang diberikan di film ini juga eye-popping. Warna-warna yang mencolok tetapi indah memanjakan mata para penontonnya sehingga membuat para penonton betah melihat film ini.  Semenjak film Tangled, rupanya Walt Disney sangat suka membuat film bergambar 3D. Tetapi, kualitas animasinya pun tak kalah bagus dengan film-film keluaran disney pixar. Sebuah dunia game yang digambarkan di film ini juga sangat menarik. Mengingatkan kita tentang sebuah game 8-bit seperti Fix-It Felix Jr. Hingga sebuah game dengan High-Definition layaknya Hero's Duty. Lalu, dunia game milik Sugar Rush yang menggambarkan sebuah dunia permen yang indah dan terasa manis saat melihatnya. Dan reflek saya juga seperti merasakan manisnya permen-permen di dunia itu yang menggugah selera dengan sebuah gambar yang disajikan nyata di sebuah motion-picture. Di film ini pun, kita bisa melihat berbagai macam karakter dari berbagai macam game seperti Street Fighter, Plants Vs. Zombies (Correct me if im wrong) serta game legendaris Pac-Man dan jangan lupakan Sonic juga ada di film ini. Sayangnya semua yang sudah tersusun dengan baik dari awal hingga akhir diselesaikan dengan sebuah penyelesaian yang cukup cliche dan sangat mudah ditebak. Yah, namanya juga film animasi dengan bidikan pasar anak-anak, pastinya sebuah jalinan kisah akhir yang happy ending serta magical diusung di film ini. Tetapi, itu semua termaafkan dengan semua pakem ceritanya yang memang tersusun baik. Alhasil Wreck-It Ralph tak hanya memberikan sebuah suguhan animasi yang cantik di segi visualnya serta cerita yang main-main. Tetapi juga dengan epic memberikan suguhan cerita yang sungguh mempesona, touching, absolutely entertaining, and lovable. Dan pastinya film animasi satu ini tak hanya dicintai oleh anak-anak saja melainkan juga orang dewasa yang sungguh ingin bernostalgia dengan permainan arcade mereka di masa lalu.
Overall, Wreck-It Ralph adalah sebuah film animasi milik disney yang memang mempunyai kualitas yang diatas rata-rata. Tak hanya menyajikan sebuah film animasi senang-senang. Tetapi juga menyajikan sebuah cerita yang menyentuh dan membuat saya terenyuh. This is best animation movie. Academy Awards 2012 you should make this movie get the oscar. 
Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.