Tips Merawat Rambut Wanita Berhijab

Daftar Isi (toc)

Hai sobat pencinta rambut-indah, pada kesempatan ini saya akan membagikan artikel dengan tulisan Tips Merawat Rambut Wanita Berhijab. Baik silahkan disimak artikelnya.

Gambar Tips Merawat Rambut Wanita Berhijab
Gambar 1 : Tips Merawat Rambut Wanita Berhijab
Berhijab/berjilbab hukumnya wajib buat seorang muslimah dengan tujuan menutupi aurat dan harus rela menutupi mahkota kepalanya untuk ditutupi. Rambut yang ditutupi hijab belum tentu menghindari rambut dari berbagai macam masalah pada rambut. Bermacam keluhan dirasakan wanita berhijab seperti rambut lembab, kerombe, berminyak bahkan rontok yang berlebihan. Tentu saja ini harus mendapat perhatian lebih dari para wanita untuk selalu menjaga kesehatan rambut. Perhatian untuk menjaga kesahatan rambut tidak selalu harus ke salon dan memerlukan biaya yang mahal. Tidak ribet dan bisa dilakukan sendiri di rumah, berikut tips agar rambut selalu sehat :
  1. Keramas secara teratur 2-3 hari sekali.
  2. Pilih Shampoo yang sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala, karena rambut berjilbab cenderung berminyak, maka dianjurkan memilih jenis shampoo untuk rambut berminyak.
  3. Gunakan hair tonik setelah keramas, lakukan pijatan ringan pada kulit kepala yang bertujuan untuk membantu melancarkan peredaran darah.
  4. Creambath seminggu sekali akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan rambut apalagi kesehatan rambut bagi wanita berjilbab, supaya rambut dan kulit kepala selalu mendapatkan nutrisi, serta menghindari kecenderungan menjadi lemab dan kulit kepala berketombe.
  5. Kesehatan rambut juga dipengaruhi oleh pola makan dan gaya hidup kita. Untuk itu perbanyak makan makanan yang mengandung rendah lemak serta kaya akan protein, vitamin B-6, vitamin B-12, dan vitamin C, serta zat besi yang mampu memberikan nutrisi bagi rambut secara alami seperti Kacang-kacangan, bayam, pisang, dapat menjadi pilihan.
  6. Gunakan ratus untuk menjaga keharuman rambut. Menggunakan jilbab membuat rambut tertutup dan kerap menimbulkan bau yang tidak sedap karena lembab. Untuk itu, rambut dapat diratus setiap sebulan sekali agar lebih harum dan mengembang. Ratus adalah mengasapi rambut dengan campuran rempah dan bunga-bungaan, bahan-bahan ini bisa dibeli di salon-salon besar atau toko kosmetik
Selain itu, sebelum ditutupi hijab dianjurkan untuk memperhatikan kondisi rambut jika ingin berpergian:
  1. Rambut harus dalam kondisi sudah kering sebelum ditutupi jilbab, untuk menghindari rambut menjadi rapuh dan berketombe akibat masih basah atau lembab.
  2. Hindari mengikat rambut terlalu keras karena akan menyebabkan rambut menjadi mudah rapuh dan patah.
  3. Hindari menggunakan jilbab seharian, maksimal 8 jam, atau setidaknya luangkan sedikit waktu untuk melepas hijab agar pori-pori kulit kepala bisa bernafas.
Tanpa kita sadari bahan jilbab juga berpengaruh terhadap kondisi kesehatan rambut, berikut adalah tips memilih bahan jilbab: 
  1. Pilih yang berbahan seperti kaos, katun atau spandek karena bahan-bahan tersebut sangat mudah menyerap keringat, sehingga dapat mencegah terjadinya kelembaban di rambut atau kulit kepala.
  2. Hindari menggunakan jilbab warna hitam atau gelap, khususnya di siang hari, warna hitam atau gelap sangat mudah menyerap sinar matahari, sehingga membuat kulit kepala menjadi lebih panas.
  3. Dianjurkan menggunakan jilbab yang berlapis-lapis, walaupun berlapis jangan lebih dari empat lapisan, selain membuat kulit sulit bernafas, juga menyebabkan kulit kepala menjadi lembab.
  4. Jangan terlalu sering mengikat kerudung dibagian leher, karena menghambat udara masuk dan rambut susah bernafas.
  5. Jangan pakai hijab yang bahannya terlalu tebal, ketat, atau mengikat rambut kepala terlalu kencang.
Selain itu, kita sebaiknya memperhatikan kondisi rambut sebelum ditutupi dengan hijab saat ingin berpergian:
  1. Sebelum mengenakan hijab, rambut harus dalam kondisi sudah kering, karena rambut yang masih basah atau lembab menyebabkan rambut menjadi rapuh, selain itu kondisi rambut basah yang ditutupi akan menimbulkan ketombe dan menyebabkan kulit kepala yang lembab.
  2. Untuk rambut yang panjang, jangan mengikat rambut terlalu keras,karena akan menyebabkan rambut menjadi rapuh dan mudah patah.
  3. Jangan seharian memakai hijab, maksimal 8 jam, atau setidaknya luangkan sedikit waktu untuk melepas hijab agar pori-pori kulit kepala bisa bernafas.
Disamping hal tersebut, pemilihan bahan hijab juga mempengaruhi kesehatan dan kondisi rambut. Untuk itu, berikut adalah tips memilih bahan hijab, sebagai bagian dari perawatan rambut untuk wanita berhijab:
  1. Pemilihan bahan untuk hijab, cukup berpengaruh terhadap kesehatan rambut, Pilih yang berbahan seperti kaos, katun atau spandek karena bahan-bahan tersebut sangat mudah menyerap keringat, sehingga dapat mencegah terjadinya kelembapan di rambut atau kulit kepala kita.
  2. Hindari menggunakan hijab warna hitam atau gelap, khususnya di siang hari, karena warna hitam atau gelap sangat mudah menyerap sinar matahari, sehingga membuat rambut atau kulit kepala menjadi lebih panas.
  3. Hindari menggunakan hijab yang berlapis-lapis, atau kalaupun berlapis jangan lebih dari empat lapisan, selain membuat kulit sulit bernafas, juga menyebabkan kulit kepala menjadi lembab.
  4. Jangan terlalu sering mengikat kerudung dibagian leher, karena menghambat udara masuk dan rambut susah bernafas.
  5. Jangan pakai hijab yang bahannya terlalu tebal, ketat, atau mengikat rambut kepala terlalu kencang.
Baca juga : 8 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Paling Ampuh
Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad