10 Bandara Paling Aneh Sedunia

Daftar Isi (toc)

Bandara jadi tempat traveler untuk naik atau berganti pesawat saat berpergian. Rupanya, beberapa bandara di dunia dianggap aneh karena lokasinya atau interior-interior di dalamnya, seperti 10 bandara berikut ini!


Bandara-bandara yang dianggap aneh justru menjadi daya tarik bagi traveler. Mereka mungkin penasaran ingin melihatnya dari dekat atau malah mencoba mendarat di sana. Dilansir dari Fox News, Selasa (3/12/2013) berikut 10 bandara paling aneh sedunia:


 1. Bandara Internasional Savannah/Hilton Head, AS

Ada yang aneh ketika Anda mendarat di runway atau landasan pacu 10 di Bandara Internasional Savannah/Hilton Head, Savannah, Georgia, AS. Lihatlah ke landasan pacunya, di sana terdapat sepasang makam!

Ya, dua makam tersebut terlihat jelas berada di tengah-tengah landasan pacu. Itu adalah makam Catherine dan Richard Dotson pemilik tanah setempat sebelum dijadikan bandara yang meninggal di akhir tahun 1880-an. Demi menghormati keinginan keluarga, sampai sekarang makam tersebut tetap utuh berada di sana.


 2. Bandara Courchevel, Prancis

Courchevel merupakan resor ski yang berada di Saint-Bon-Tarentaise, Tarentaise Valley, Pegunungan Alpen, Prancis. Courchevel berada di ketinggian 6.000 mdpl dan penuh salju.

Bandara Courchevel merupakan satu-satunya bandara di sana yang punya landasan pacu aneh, yaitu berupa tanjakan dan turunan yang tajam. Bandara ini pun jadi salah satu tempat lokasi syuting film James Bond 'Tomorrow Never Dies'.


 3. Bandara Gibraltar, Gibraltar

Jika Anda mendarat di Bandara Gilbraltar, jangan kaget dengan pemandangan yang terlihat dari jendela pesawat. Saat pesawat di sana mendarat, di sisi kiri dan kanan landasan pacunya terdapat banyak mobil yang berhenti. Setelah pesawat mendarat, barulah mobil-mobil tersebut kembali jalan.

Bandara Gibraltar merupakan satu-satunya bandara yang landasan pacunya pun sebenarnya menjadi jalan raya yang tiap hari dilewati mobil. Ketika ada pesawat yang mau mendarat, petugas bandara bakal menghentikan mobil yang akan melintasi bandara.


 4. Bandara Schiphol, Belanda

Kalau penerbangan Anda terkena delay di Bandara Schiphol Amsterdam, tampaknya tak jadi masalah. Sebab, bandara tersebut punya berbagai interior keren dan juga memiliki museum di Terminal U di Holland Boulevard. Museumnya menampilkan karya seniman Belanda dan bersifat temporer, jadi karya-karya seni di sana selalu berubah-ubah.

Penumpang pesawat bisa masuk gratis ke dalamnya saat pukul 07.00-20.00 waktu setempat. Tak hanya itu, Bandara Schiphol juga punya kasino dan banyak kamar mandi bersih bagi penumpang yang ingin kembali tampak segar. Delay di Bandara Schiphol, tak apa-apalah...


 5. Bandara Internasional Don Mueang, Thailand

Tahukah Anda, rupanya terdapat lapangan golf di antara landasan pacu Bandara Internasional Don Mueang, Bangkok. Setidaknya, ada 18 lubang golf di sana.

Lapangan golf di sana sayangnya tidak dibuka untuk umum. Lapangan golf tersebut adalah milik Royal Thai Air Force. Kalau Anda berkesempatan main golf di sana, jangan kaget mendengar suara pesawat yang mendarat dan rasanya dekat sekali dari tempat Anda berdiri.


 6. Bandara Agatti, India

Bandara Agatti di Lakshadweep, India mungkin membuat dahi Anda mengerenyit. Sebab, landasan pacu sepanjang 4.000 kaki atau sekitar 1,2 km di bandara tersebut dikelilingi oleh Samudera Hindia!

Rupanya, Bandara Agatti adalah satu-satunya bandara di bagian pantai barat daya India yang terdapat 36 pulau kecil di sana. Landasan pacunya pun kabarnya akan dipajangkan karena dianggap terlalu pendek.


7. Bandara Internasional Vancouver, Kanada

Mau melihat akuarium raksasa sambil menunggu penerbangan? Datanglah ke Bandara Internasional Vancouver di Kanada. Di bandara ini terdapat akuarium raksasa berisi 3.000 galon air dan didalamnya terdapat sekitar 5.000 mahluk laut.

Di tiap lantai Bandara Internasional Vancouver memang terdapat banyak akuarium. Bahkan, di sana juga terdapat akuarium yang di dalamnya ada banyak Aurelia Aurita atau yeng lebih dikenal dengan nama ubur-ubur bulan.


 8. Bandara Barra, Skotlandia

Barra adalah sebuah pulau kecil dengan lebar 8 km dan panjang 12 km di Skotlandia. Pulau kecil ini hanya punya satu bandara dengan tiga landasan pacu yang berada di atas pantai.

Landasan pacu di Bandara Barra hanya ditandai dengan tiang saja. Pesawat pun hanya bisa mendarat saat air laut sedang surut. Jika air sedang pasang, maka landasan pacunya menjadi tempat masyarakat sekitar dan turis untuk berburu kerang.


 9. Bandara Gisborne, Selandia Baru

Mungkin, Bandara Gisborne bisa dibilang sebagai bandara paling aneh di dunia. Bukan soal lokasinya, tetapi landasan pacu di sana ternyata dilalui jalur kereta api!

Bandara seluas 160 hektar ini punya 3 landasan pacu dari rumput dan satu landasan pacu beraspal. Nah, landasan pacu beraspal inilah yang dilewati oleh jalur kereta bernama Palmerston North milik Gisborne Railway Line. petugas bandara dan petugas kereta api tiap harinya dituntut untuk berkoordinasi dengan baik, agar pesawat yang terbang tidak tertabrak dengan kereta yang lewat. Ekstrem!


 10. Bandara Saba, Belanda

Bandara Saba berada di kepulauan BES (Bonaire, Sint Eustatius, dan Saba) yang ada di Karibia dan masuk menjadi wilayah negara Belanda. Bandara ini terkenal dengan landasan pacunya sebagai yang terpendek di dunia. Panjangnya hanya 1,3 kilometer saja.

Tak sampai di situ, landasan pacu di Bandara Saba pun diapit oleh tebing-tebing yang tinggi. Hanya pesaat berukuran kecil yang boleh mendarat di sana. Meski begitu, ada banyak wisatawan yang datang ke Saba karena terkenal dengan tempat-tempat diving yang cantik. Berani coba naik pesawat dan mendarat di sana?


Sumber: Detik
Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad

close