11 Kota di Indonesia dengan Jajanan Paling Lezat

Daftar Isi (toc)


Selain budaya dan keindahan alamnya yang tiada dua, Indonesia juga terkenal dengan wisata kulinernya. Inilah 11 kota dengan jajanan paling lezat yang bisa ditemui di Indonesia.

Beragam kuliner bisa dicicipi selagi liburan keliling Indonesia. Tinggal pilih ingin jajanan yang seperti apa. Dihimpun detikTravel, Kamis (2/1/2014) inilah 11 kota di Indonesia dengan jajanan paling lezat bagian pertama:


 1. Jakarta

Ibukota Indonesia ini punya banyak hal untuk memikat para wisatawan, salah satunya kuliner. Salah satu jajanan yang bisa dicicipi saat melancong ke sini adalah kerak telor yang sangat mudah ditemui di sekitar Monas dan Kota Tua.

Selain itu, ada pula asinan Betawi yang bisa ditemui di pasar tradisional sekeliling Jakarta. Bagi traveler yang suka dengan kue, bisa mencoba kue rangi yang terbuat dari sagu, kelapa dan gula merah. Ada juga kue ape yang biasanya berwarna hijau. Jajanan ini bisa dengan mudah ditemui di tepi jalan.


 2. Bandung

Kota Kembang ini memang terkenal dengan kulinernya yang lezat dan beragam. Coba saja mencicip siomay dan batagor Bandung, dijamin ketagihan. Tak sulit mencari jajanan yang satu ini karena banyak sekali penjaja yang berjualan di tepi jalan.

Ada juga cuanki yang bentuknya mirip bakso Malang namun rasanya tak kalah lezat dan ada juga mie kocok. Nah, bagi para pecinta es dan juga durian, Bandung adalah tempat yang tepat. Karena di kota ini, penjual es duren sangat mudah ditemui di mana-mana. Selain itu, Bandung sangat kreatif mengolah jenis makanan baru yang unik, jadi siap-siap berburu kuliner lezat!


 3. Bogor

Dekat dengan Jakarta, banyak wisatawan yang melancong ke Bogor untuk wisata kuliner. Satu jajanan yang sangat terkenal di sana adalah roti unyil. Roti mini ini memiliki banyak isi baik asin atau manis. Banyak toko atau kedai yang menjual roti ini di seantero Bogor.

Selain itu, ada juga asinan Bogor, baik itu asinan sayur atau buah. Keduanya sama-sama segar dan enak, serta mudah ditemui di sekeliling Bogor. Bagi traveler yang ingin es segar, bisa mencoba es pala atau es mangga. Jajanan yang satu ini sudah melegenda. Yang paling baru ada bolu Lapis Bogor dari talas yang lezat. Jadi jangan sampai tidak mencoba semua ya!


 4. Semarang

Semarang identik dengan kulinernya yang bernama lumpia. Belum sah liburan ke sana jika belum mencoba jajanan yang satu ini. Satu tempat berburu lumpia yang paling terkenal ada di sekitar Simpang Lima.

Ada pula tahu gimbal yang jadi jajanan khas Semarang selanjutnya. Tahu ini berisi tahu goreng, gimbal, tempe, dan irisan kol. Tak lupa, siraman sambal kacang di atasnya. Selain tahu gimbal, ada pula tahu pong yang wajib dicoba. Semarang juga punya es yaitu es congklik. Es yang terdiri dari 10 bahan seperti kacang ijo, durian, alpukat dan lainnya. Dijamin lezat!


 5. Solo

Satu jajanan enak khas solo adalah serabi. Kota ini punya serabi yang beda dan membuat ketagihan. Teksturnya lembut dan rasanya manis serta gurih. Salah satu serabi yang paling terkenal adalah Serabi Notosuman. Bisa mudah ditemui di sekitar Solo.

Selain serabi, ada juga arem-arem yang bentuknya mirip dengan lemper. Isinya biasanya ayam yang diolah dengan sambel. Ada pula cabuk rambak yang berupa ketupat nasi dengan saus wijen, kemiri dan parutan kelapa yang sudah disangrai. Pelengkapnya adalah kerupuk. Nyam!


 6. Yogyakarta

Angkringan merupakan hal yang lekat dengan kuliner di Kota Pelajar ini. Nasi kucing dan aneka sate jeroan merupakan yang paling banyak dicari. Paling asyik menikmati kuliner yang satu ini saat malam hari. Pedagang angkringan mudah ditemui di sekitaran keraton, stasiun, dan alun-alun Yogyakarta.

Saat pagi hari, jangan lewatkan sarapan di depan Pasar Beringharjo. Di sana terdapat banyak penjaja makanan yang menggoyang lidah. Ada pecel, ada juga aneka kue basah yang masih hangat dan tentunya nikmat.


 7. Padang

Ibukota Sumatera Barat ini terkenal dengan satenya yang menggoyang lidah. Sate Padang ini terbuat dari lidah sapi yang dipotong kecil dan disiram saus kental nan pedas. Paling enak menyantapnya dengan ketupat dan keripik singkong pedas. Sate Padang bisa mudah ditemui di seantero Padang, malah di seluruh Sumatera Barat.

Ingin mencoba kuliner gurih lainnya? Bisa mencicip martabak Kubang. Bentuk dan bahannya sama seperti martabak biasa, namun rasanya maknyus! Es durian juga jadi salah satu kuliner khas di sini. Aneka es durian bisa Anda cicip mulai dari es krim hingga es durian campuran.


 8. Lombok

Lombok terkenal dengan deretan pantai yang cantik dan juga Gunung Rinjani nan anggun. Tak hanya itu, Lombok di NTB ini juga punya kuliner yang lezat. Coba saja sate bulayak, sate sapi dengan bumbu khas suku sasak. Makannya dengan lontong yang dibungkus dengan daun aren. Sate ini bisa mudah ditemui di Mataram dan sekitarnya.

Selain lezat, kuliner di Lombok juga terkenal dengan rasanya yang pedas. Coba saja nasi balap pucung. Bentuknya seperti nasi rames namun rasanya pedas membuat ketagihan. Nyam!


 9. Medan

Saat mendengar kata Medan, hal pertama yang diingat adalah durian. Ya, buah yang satu ini identik berada di Kota Medan. Belum sah rasanya melancong ke sana jika belum mencicip buah yang satu ini. Selain buahnya, pancake durian jadi kuliner yang banyak diburu.

Para pecinta martabak akan senang saat liburan ke sini. Karena ada martabak gapa yang kaya rempah dan tentunya sangat lezat. Sebenarnya, martabak ini berasal dari India, itu kenapa makanan yang satu ini kaya rempah.


 10. Manado

Para pecinta bubur harus mencoba bubur Manado untuk sarapan. Warnanya kuning, cukup berkuah dan terdiri dari banyak sayur seperti bayam, kemangi hingga jagung. Kuliner ini sangat mudah ditemui di sekitaran Manado.

Satu lagi kuliner unik dan enak dari Manado adalah pisang goreng dengan sambal dabu roa. Rasa pisang yang manis dan terigu yang gurih bercampur dengan sambal yang pedas dan ikan roa yang gurih. Maknyus! Untuk pecinta es, ada es tji mei yang terdiri dari kacang merah, alpukat, durian dan susu kental manis. Terlihat sederhana memang, namun nikmatnya tiada dua!


 11. Makassar

Kota terakhir yang jadi surga jajanan adalah Makassar. Di sana, wisata kuliner jadi hal yang wajib dilakukan. Cobalah pallubasa, sup daging sapi yang kuahnya dicampur dengan kelapa goreng. Traveler yang suka dengan mie juga harus mencoba mie titi, mie kering khas kuliner China.

Selain makanan asin, ada juga aneka makanan manis dan es yang tak kalah enak. Jangan lupa cicip es pisang ijo yang terbuat dari pisang yang dibungkus terigu dan dicampur dengan sumsum dan sirup. Ada pula pisang epe, pisang bakar yang diberi campuran sirup gula merah dan sejenisnya.


Sumber: Detik
Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad

close