5 Festival Seni Dunia yang Selalu Dinantikan

Daftar Isi (toc)


Menonton seni pertunjukkan setiap hari dan melihat berbagai karya seni dari seluruh penjuru dunia, siapa yang tak ingin. Arsitektur kota tua, museum, maupun patung yang dipajang di ruang publik adalah karya seni spektakuler.

Karya seni yang dipamerkan tersebut mampu menarik minat pariwisata negaranya. Seperti dikutip dari CNN, Rabu (21/5/2014), berikut festival-festival seni di dunia, yang tiap tahunnya selalu dinantikan.


1. Maastricht, Belanda

Festival yang disebut 'European Fine Art Fair' ini setiap tahunnya diadakan di Maastricht, Belanda bagian selatan. Kota ini biasanya sebagai kota liburan di akhir pekan.

Pada Maret lalu, di kota ini agen seni rupa New York menjual sebuah lukisan dari tahun 1810 milik seniman Belanda Nicolaas Baur ke Rijksmuseum, Amsterdam. Di kota ini juga terdapat galeri yang indah dan bisa dilihat sepanjang tahun, yakni Bonnefantenmuseum dan bekas gejera Dominika.


2. Masterpiece, London

Festival ini mengkhususkan pada barang antik, desain, seni rupa, dan barang-barang mewah. Pangeran Harry adalah salah satu peserta pameran, termasuk 90 dealer internasional dan kurator dari seluruh dunia.

Di festival ini juga pernah dilelang artefak kuno Mesopotamia, beberapa lukisan Picasso dan lukisan Joan Miro dengan harga fantastis.


3. Biennale, Venesia

Tiap dua tahunan sekali terdapat pameran seni internasional, Biennale. Tahun ini, Venesia menyiapkan 55th Venice Biennale Festival dan rencananya akan diadakan selama 6 bulan dari 1 Juni hingga 24 November.

Bagi para seniman dunia, dengan mengikuti eksibisi ini akan menjadi rintisan dalam kariernya. Nantinya, akan ada 88 negara yang mengikuti. Seniman asal China, Ai Weiwei adalah salah satu seniman internasional yang akan memamerkan instalasinya.


4. Art Basel, Swiss

Pada tahun 1970, tiga pemilik galeri Basel bergabung dan mengundang para seniman dunia untuk memajang karyanya. Alhasil, hingga kini terdapat 90 galeri dari 10 negara yang dipamerkan dan ada lebih dari 16 ribu pengunjung yang hadir.

Kota Basel menjadi salah satu tujuan ziarah seni modern dan kontemporer. Seniman dunia yang pernah mengikutinya adalah Takashi Murakami dari Jepang, Cindy Sherman, Edward Ruscha, dan lain-lain. Basel pun diklaim sebagai modal utama kebudayaan Swiss.


5. Art Basel Miami Beach

Festival ini memang seperti Art Basel Swiss dan tahun ini mencapai angka penyelenggaran ke-12 kalinya. Di musim dingin, mereka menarik minat wisatawan untuk mengunjungi Florida.

Tahun lalu festival ini diadakan di Miami Beach Convention Center, Art Basel Miami diikuti oleh 200 seniman dari 4.000 seniman yang mendaftar. Selain itu, juga terdapat 700 galeri.

Sejumlah koleksi pribadi pun terbuka untuk umum. Seperti dari The Rubell Family Collection yang menampilkan karya seniman abad ke-20 dan seniman kontemporer.


Sumber: Detik
Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad

close