8 Migrasi Hewan Paling Spektakuler di Dunia

Daftar Isi (toc)


Ada banyak hal yang bisa turis lihat selama liburan, mulai dari keindahan pemandangan hingga fenomena alam menakjubkan, seperti migrasi. Di dunia, ada 8 migrasi hewan paling spektakuler yang wajib Anda lihat.

Dilongok dari CNN Travel, Senin (21/4/2014) inilah 8 migrasi hewan paling spektakuler di dunia (bagian pertama):


 1. Elang botak, Kanada

Elang botak atau bald eagles merupakan spesies endemik di Amerika Utara. Setiap musim dingin, mereka secara berkelompok terbang dan bertengger di cabang-cabang pohon cemara dan kapuk di tepi sungai Squamish, British Columbia, Kanada.

Di sini, turis bisa melihat kawanan burung datang untuk memakan salmon yang berenang. Selain itu, burung ini juga memanfaatkan waktu migrasi untuk bertelur. Waktu terbaik untuk melihat migrasi elang ini adalah pertengahan November sampai pertengahan Februari.


 2. Wildebeest, Afrika Timur

Wildebeest rutin melakukan migrasi di antara Tanzania dan Kenya. Hewan ini bermigrasi melintasi hamparan dataran luas padang rumput. Sekalinya berpindah, ada sekitar 1,5 juta wildebeest berlarian.

Tak hanya wildenbeest, wisatawan juga bisa melihat zebra ikut dalam migrasi ini. Seluruhnya berpindah untuk mencari makanan. Salah satu tempat terbaik melihat wildebeest bermigrasi adalah Kicheche Valley Camp, Kenya. Akhir Juni dan awal Juli jadi waktu terbaik untuk menyaksikan migrasi.


 3. Penguin emperor, Antartika

Setiap tahun, penguin emperor selalu melakukan perjalanan panjang dari Pantai Antartika. Ratusan burung jenis ini akan berpindah tempat melewati dataran dingin es untuk mencari lokasi bertelur.

Waktu terbaik untuk melihat migrasi penguin emperor adalah antara Oktober dan awal Desember. Ada banyak travel agent yang menjual paket untuk menyaksikan migrasi emperor penguin.


 4. Kupu-kupu monarch, AS
Di AS, California, setiap Oktober puluhan sampai ratusan kupu-kupu monarch tiba di Pacific Grove, Kalifornia. Mereka migrasi untuk bersarang dan menetas. Umumnya, kupu-kupu ini hinggap di pohon eucalyptus dan pinus.

 5. Kelelawar, AS

Kalau Californias jadi tujuan ratusan bahkan ribuan kupu-kupu migrasi, Texas malah dijadikan lokasi migrasi ratusan kelelawar. Mamalia ini rutin datang antara bulan Maret hingga Oktober.

Biasanya, kelelawar betina datang sekitar Juni dan Juli untuk melahirkan. Namun, pemandangan paling spektakuler ada di bulan Agustus. Ketika itu, bayi-bayi kelelawar sudah siap terbang mengikuti induk mereka.


 6. Hiu paus, Meksiko
Hiu paus masuk dalam deretan hewan laut yang melakukan migrasi. Biasanya, hiu paus mengadakan migrasi sekitar Juni dan September. Isla Mujeres jadi lokasi yang rutin dijadikan tempat persinggahan migrasi mereka.

 7. Flamingo, Kenya
Siapa tak kenal Flamingo? Burung berwarna merah jambu ini mengadakan migrasi antara April dan Juni. Ketika itu, ada ratusan sampai ribuan flamingo di Danau Nakuru, Kenya.

 8. Kepiting merah, Australia

Christmas Island di Australia sudah dikenal sebagai tempatnya migrasi kepting merah. Seolah mengambil alih pulau, ada jutaan kepiting mengisi pulau.

Biasanya kepiting merah mulai 'menguasai' pulau setiap November atau Desember. Tujuannya untuk bertelur.


Sumber: Detik
Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad

close