9+ Ide Bisnis tentang Teknologi yang Patut Anda Coba!

Daftar Isi (toc)

ide bisnis tentang teknologi


 Perkembangan bisnis saat ini semakin pesat, terlebih adanya teknologi. Setiap pebisnis tentu harus mengikuti perkembangan trend digital ini. Jika Anda ingin memulai bisnis tentang teknologi, simak penjelasan berikut ini!

Banyak diantaranya yang ingin memulai berbisnis tetapi tidak paham apa yang ingin dilakukan. Bagi Anda yang memiliki pemahaman tentang teknologi atau berlatar belakang studi IT, memulai membangun bisnis tentang teknologi merupakan pilihan tepat.

Bisnis di bidang digital ini berpotensi mendapatkan keuntungan besar. Seperti yang Anda ketahui, teknologi di era ini memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat. Dengan demikian, peluang yang dihasilkan juga semakin besar.

Apa yang Dimaksud Bisnis tentang Teknologi?

Menurut Mentri Perdagangan (Mendag) Pertumbuhan ekonomi digital akan tumbuh 8X lipat dari Rp632 triliun menjadi Rp4.531 triliun. E-commerce akan memerankan peran yang sangat besar, yaitu 34% atau setara dengan Rp. 1.900 triliun.

Melihat data di atas, bisnis tentang teknologi bisa diasumsikan akan turut berperan dalam perkembangan bisnis di Indonesia.

Bisnis tentang teknologi yang dimaksudkan dalam hal ini adalah menciptakan keunggulan nilai yang unik bagi setiap konsumen, termasuk pengembang software, penjualan bidang digital, dan juga jasa di bidang teknologi.

Artinya, bisnis ini tidak hanya berbicara tentang produk fisik, tetapi tentang semua hal yang berkaitan dengan tekonologi.

Faktanya, ada banyak perusahaan atau pelaku bisnis yang bergerak di bidang teknologi dan mendapatkan untung yang besar. Di bawah ini akan kami berikan ide bisnis tentang teknologi yang bisa Anda jadikan referensi untuk Anda kembangkan.

9 Ide Bisnis tentang Teknologi yang Berpotensi Profit Besar

Dengan adanya ide bisnis teknologi ini, Anda bisa membuat sebuah inovasi bisnis baru sekalligus memberikan manfaat. Hal ini dikarenakan semua elemen bisnis dapat digabungkan dengan teknologi yang kemudian akan dikonsumsi menjadi sebuah produk atau layanan yang baru.

Siapa yang bisa memulai bisnis ini? Semua orang tentu sangat bisa! Asalkan memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang tekonologi. Apalagi jika Anda yang masih muda, tentu bukan suatu hal mustahil untuk sukses di bidang ini. Berikut ide bisnis tentang teknologi yang bisa Anda coba:

Baca juga: 11+ Ide Bisnis Transportasi dan Logistik Menjanjikan Jangka Panjang

1. Konsultan Digital Marketing

Ide bisnis tentang teknologi yang pertama adalah dengan membuka layanan konsultan digital marketing.

Konsultan digital marketing ini adalah seorang profesional yang memiliki pemahaman kompleks tentang sistem pemasaran digital.

Tugas dari bisnis ini adalah membantu setiap orang, badan, atau perusahaan yang membutuhkan layanan untuk mengembangkan pemasaran melalui media online.

Setiap konsultan digital marketing harus mampu membantu klien untuk memanfaatkan peluang yang ada hingga usaha yang dijalankan berjalan dengan optimal.

Nah, jika Anda telah memiliki pengalaman yang cukup mumpuni di bidang digital marketing, memulai bisnis ini sendiri tentu bukan suatu hal yang sulit.

Atau jika Anda tidak memiliki kemampuan ini, bisa juga dengan merekrut karyawan yang ahli dalam penerapannya.

2. Pengembang AI

AI merupakan salah satu bidang teknologi yang berfokus pada kecerdasan buatan. Saat ini, setiap perusahaan banyak yang membutuhkan layanan pengembang AI, ini tentu bisa menjadi peluang besar untuk Anda yang terampil di bidang ini.

Anda dapat memilih sebagian kecil dari AI dan membuat kemajuan di dalamnya. Misalnya perangkat mengaktifkan dengan suara. Di masa mendatang, AI sangat dibutuhkan dan ini menjadi bagian terbaik jika Anda memulai dari sekarang.

3. Kursus Komputer

Perkembangan dunia saat ini sangat dipengaruhi oleh komputer. Hal ini ditunjukan oleh sebagian besar pekerjaan yang membutuhkan komputer.

Jika Anda memiliki pemahaman yang baik tentang komputer, tentu tidak akan menjadi masalah jika Anda membuka kursus komputer.

Anda juga bisa menerima jenis layanan sesuai dengan target yang diinginkan. Misalkan saja untuk jenjang sekolah dasar, Sekolah Menengah Atas, atau bahkan untuk umum.

Kursus komputer termasuk salah satu jenis bisnis yang tiada habisnya, dalam artian masih akan dibutuhkan meskipun di masa mendatang.

4. Desainer Web

Setiap perusahaan, UMKM, atau usaha kecil hampir seluruhnya membutuhkan tangan-tangan kreatif untuk membuat website yang menarik.

Melihat trend internet marketing yang semakin meningkat setiap tahunnya, maka website menjadi salah satu andalan pelaku bisnis untuk memasarkan produk atau layanannya.

Apalagi jika Anda memiliki keterampilan tambahan, seperti desain grafis, penulisan artikel, dan juga desain UI/UX, ini tentu sangat baik untuk kesuksesan bisnis bidang ini.

Nah, jika Anda memiliki keahlian untuk membuat website yang menarik, ini tentu sangat memungkinkan untuk Anda mulai dari sekarang.

5. Layanan Streaming untuk Video

Ide bisnis tentang teknologi yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat usaha layanan live streaming untuk video. Setiap orang saat ini menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk menonton video. Nah, ini tentu menciptakan peluang baik untuk bisnis.

Pemanfaatan konten video untuk bisnis tentu bukan hal asing lagi. Jadi, ada banyak pilihan yang bisa Anda pilih dalam bisnis ini.

Anda bisa menyediakan layanan live streaming video untuk pengiklanan, event-event, atau sejenisnya yang bisa menghasilkan profit.  

6. Service Komputer

Seperti yang dijelaskan di atas, setiap pekerjaan hampir seluruhnya membutuhkan komputer. Dan setiap komputer pasti akan mengalami kerusakan seiiring bertambahnya waktu.

Jika Anda berlatar belakang teknis, membuat bisnis service komputer tentu sangat memungkinkan.

Selain itu, Anda juga bisa menawarkan layanan lain sebagai pendukung layanan utama, seperti perbaikan sistem operasi, suku cadang, dan kebutuhan pendukung komputer lainnya.

7. Konsultan Media Sosial

Banyak brand besar dan terkenal menyewa konsultan media sosial untuk membantu dalam mengiklankan produk mereka di media sosial.

Jika Anda merupakan orang yang ahli media sosial, ini tentu bisa menjadi ide bisnis tentang teknologi yang menghasilkan.

Anda bisa memilih untuk menjadi konsultan media sosial dan mendapatkan kontrak dari perusahaan tertentu.

Menjadi konsultan media sosial merupakan ide bisnis tentang teknologi terbaik yang berfokus pada branding merk perusahaan.

8. Konsultan SEO

SEO berarti Search Engine Optimization dan merupakan bagian penting dari Search Engine Marketing.

Setiap bisnis yang ingin website mereka berada di halaman pertama di mesin pencari tentu membutuhkan teknik SEO sebagai optimasinya.

Ada banyak cara dan teknik tertentu untuk menjadikan website itu merangkak naik di halaman pertama. Karena itu, banyak perusahaan yang menyewa konsultan SEO untuk melakukan tugas itu.

Nah, jika Anda berpengalaman dalam optimasi website, membuka layanan konsultan SEO tentu sangat menguntungkan.

9. Jual-beli Produk Berbasis IT

Ide bisnis tentang teknologi terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan jual-beli produk berbasis IT. Saat ini sudah banyak tentunya platform marketplace yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana jual-beli.

Produk IT ini sangat luas, ini bisa Anda pilih sesuai dengan minat dan pemahaman Anda tentang bidang IT yang dikuasai.

Keuntungan yang dihasilkan juga sangat menggiurkan. Berbisnis produk berbasis IT bisa menjadi pilihan bagi Anda.

Nah, inilah beberapa ide bisnis tentang teknologi yang bisa Anda jadikan referensi. Pastikan Anda memiliki perencanaan dan persiapan yang matang sehingga bisnis yang Anda jalankan menghasilkan. Sekian dan semoga bermanfaat!

 

Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad

close