Agar Kue Renyah Enak, Perhatikan Pemakaian Bahan-Bahan Ini Dalam Resep

Daftar Isi (toc)



Sebelum membuat kue kering, sebaiknya perlu tahu bahan-bahan yang umum digunakan. Sebab meski tak sesulit membuat cake, masih banyak yang gagal. Tepung terigu, gula dan telur juga perlu diperhatikan pemakaiannya.

Berikut beberapa bahan utama dan tambahan untuk pembuatan kue kering.


1. Tepung
Untuk membuat kue kering, tepung yang dipakai adalah terigu protein rendah atau sedang. Terigu protein rendah membuat kue renyah, sedangkan protein sedang membuat kue empuk seperti nastar. Namun disamping terigu, tepung lainnya seperti tepung ketan, kanji, dan maizena juga bisa digunakan. Fungsi tepung sendiri sebagai pembangun struktur kue dan pengikat bahan-bahan lain yang dipakai dalam kue.

2. Gula

Gula dalam kue kering berfungsi memberi citarasa manis pada kue dan memberi warna. Jika kue sedikit memakai gula maka warnanya pucat. Gula yang dipakai untuk kue kering biasanya adalah gula pasir, gula palem, gula bubuk dan brown sugar.

Pemakaian jenis gula berbeda akan menghasilkan tekstur kue yang berbeda pula. Seperti penggunaan gula tepung membuat tekstur kue lebih halus. Gula ini juga mudah larut saat dikocok. Sedangkan penggunaan gula pasir akan membuat hasil kue lebih renyah.


3. Telur
Pemakaian telur dalam kue kering untuk memberi kelembapan, nilai gizi serta membangun struktur kue. Telur juga dipakai untuk olesan kue kering sehingga permukaannya lebih mengkilap. Bagian kuning telur, putih telur maupun keduanya dapat digunakan dalam kue kering. Apabila kue hanya memakai kuning telur saja maka teksturnya lebih empuk. Sedangkan penggunaan putih telur saja teksturnya menjadi keras. 

4. Lemak
Lemak berfungsi membuat kue kering beraroma, renyah dan tidak rapuh. Pembuatan kue kering menggunakan mentega (lemak hewani) dan margarin (lemak nabati). Mentega yang sebaiknya digunakan berjenis unsalted (tidak asin) karena aromanya lebih menonjol dan citarasa lebih kaya.

Namun minyak juga bisa dipakai membuat kue kering. Kebanyakan orang menggabungkan pemakaian mentega dan margarin agar kue tidak hancur sekaligus menghemat biaya.

5. Bahan Tambahan
Salah satu bahan tambahan untuk kue kering adalah susu bubuk. Penggunaan susu bertujuan memberi rasa, aroma dan nilai gizi pada kue kering. Selain susu, aroma juga bisa didapat dengan menambah rempah-rempah. Untuk variasi pada kue kering juga dapat memakai buah kering, coklat bubuk, pasta moka, kopi, keju, choco chip, esens buah dan lainnya.

6. Bahan Pengembang
Bahan pengembang yang biasa dipakai pada kue kering adalah baking powder dan soda kue. Baking powder adalah campuran soda kue dan cream of tartar. Pemakaian baking powder membuat kue kering lebih renyah dan memperlebar ukurannya.

Sedangkan soda kue membuat remah kue kering menjadi gelap serta mengontrol gula. Terlalu banyak pemakaian soda kue membuat kue kering bercitarasa seperti sabun.

Sumber: Detik
Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad

close