Harga Mainan Anak: Puzzle Paling Murah, Hammer Set Paling Digemari

Daftar Isi (toc)


Mainan anak yang menawarkan unsur-unsur edukasi makin populer, apalagi yang berbahan kayu. Meski harganya tidak murah, peminatnya tetap banyak. Paling murah adalah mainan puzzle, sedangkan yang paling digemari adalah hammer set.

"Hammer ini unik, karena anak bisa ketauan kalo mikirnya lambat itu dia jadi milih atau nyocokin warnanya lama. Terus melatih kesabaran," kata Trisno, pegawai showroom mainan kayu yang ditemui detikHealth di daerah Condet, Jakarta Timur, seperti ditulis pada Rabu (23/10/2013).

Menurutnya, mainan hammer set termasuk mainan yang paling dicari pembeli. Jenis mainan edukatif lainnya yang juga banyak diminati antara lain wire game (berupa kawat dengan objek-objek yang bisa diubah posisinya), dan puzzle alias bongkar pasang.

Untuk harga, Trisno menyebut puzzle sebagai mainan paling murah yang dijual di pasaran. Kisaran harganya dimulai dari Rp 15 ribu untuk ukuran paling kecil dan desain paling sederhana. Hammer set yang paling laris berada di kisaran harga Rp 60-75 ribu.

Berikut ini kisaran harga beberapa jenis mainan edukasi berbahan kayu yang dijual di pasaran:

1. Permainan mengenal bentuk
Berbagai bentuk bangun datar seperti lingkaran, bujur sangkar, segitiga, persegi panjang dan bentuk bangun ruang seperti bola dan balok. Ada juga bentuk angka dan berbentuk roncean, timbangan, dan puzzle. Harganya Rp 60-150 ribu.

2. Maze
Permainan menelusuri arah, objek bisa digeser dan dipindahkan untuk menemukan tempat yang tepat. Harganya Rp 60-125 ribu.

3. City block
Mainan balok bongkar pasang dengan bentuk lingkaran, setengah lingkaran, kubus, dan balok. Isinya ada yang 24 ada yang 48 pieces. Harganya Rp 60-150 ribu.

4. Hammer set
Mainan berupa semacam paku lalu nanti dipukul-pukul dengan palu dari kayu. Harganya Rp 60-75 ribu.

5. Wire game
Mainan dengan menggunakan kawat, nanti objek bisa berubah posisi dengan digerakkan saja atau menggunakan tangan. Harga Rp 45-150 ribu.

6. Permainan hitung-hitungan
Mainan dengan berbagai macam angka dan cincin untuk berhitung, termasuk juga sempoa. Harga Rp 55-185 ribu.

7. Puzzle
Terdiri dari puzzle gambar ukuran 20 x 30 cm, puzzle stiker seri hewan dan berbagai bentuk, puzzle stiker anatomi tubuh, dan puzzle 3D. Harganya Rp 15-75 ribu.

8. Papan jahit
Gambar beberapa bagian tubuh binatang yang nantinya bisa disatukan dengan tali seperti orang menjahit. Harga Rp 32-35 ribu.

9. Sliding car
Berbentuk mobil, truk, dan kereta yang bisa di tarik dan beberapa bagiannya bisa dibongkar pasang. Harga Rp 40-145 ribu

10. Boneka tangan
Boneka tangan berbahan kain yang terdiri dari boneka profesi, hewan, atau orang biasa (anggota keluarga). Harga Rp 75-270 ribu

11. Furniture dan permainan outdoor
Berbagai perlengkapan sekolah seperti meja blajar lipat, rak buku dan sepatu juga permainan outdoor seperti ayunan, perosotan, dan bak pasir. Harga furniture Rp 20-750 ribu, harga permainan outdoor Rp 500-3,2 juta.

12. Alat peraga
Untuk memberi peraga pada anak-anak mengenai suatu kegiatan seperti shalat atau wudhu, nama-nama bulan, dan rumah ibadah. Harga Rp 75-300 ribu.

Sumber: Detik
Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad

close