Ikuti Langkah Ini Untuk Kurangi Porsi Makan Tanpa Rasa Lapar

Daftar Isi (toc)



Untuk menurunkan berat badan perlu membakar kalori lebih banyak. Salah satu hal yang paling penting adalah mengontrol porsi makan. Mengurangi porsi makan bukan berarti harus menahan rasa lapar.

Padahal mengontrol asupan kalori agar tidak berlebih tanpa menghilangkan rasa lapar bisa dilakukan dengan cara mudah. Seperti cara yang disarankan oleh Foxnews (02/01/2014) ini.


1. Mulai dengan segelas air
Minum segelas air sebelum makan dapat menekan keinginan untuk mengonsumsi banyak makanan secara alami. Beberapa gejala akibat dehidrasi menyebabkan seseorang lapar, sehingga minum segelas air sebelum makan dapat membantu mengatasi kelaparan dan mengurangi porsi.

2. Memakai pakaian yang pas
Memakai celana yang ketat tentu tidak disarankan. Namun, mengenakan pakaian yang diberi ikat pinggang atau pas di tubuh dapat berfungsi sebagai alat untuk membantu dalam membatasi konsumsi makanan yang berlebih dan berat badan tetap normal.

3. Tambahkan sayuran
Tambahkan sayuran dalam makanan. Hal ini merupakan salah satu cara mudah untuk memotong kalori. Misalnya mencampurkan bayam ke dalam sandwich sebagai penambah serat dan nutrisi. Konsumsi banyak sayuran dengan membuat oatmeal yang dicampur dengan buah apel.

4. Jangan makan dari kantong atau kotak
Peneliti dari Cornell University menemukan 50 persen orang makan lebih banyak keripik ketika mereka tidak diberi isyarat visual besar porsi yang seharusnya dimakan. Karena camilan ini tidak memberikan efek kenyang tapi banyak mengandung lemak dan kandungan natrium. Karenanya ambil secukupnya dari kemasan. Jangan makan langsung dari kemasannya karena akan sulit berhenti sebelum habis.

5. Sup sebagai makanan pembuka
Penelitian menemukan bahwa makan sup sebagai pembuka dapat membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan. Dalam studi tahun 2007, orang yang makan sup sebelum makan siang akan mengurangi asupan total kalori sekitar 20 persen. Sup kaldu yang diisi dengan sayuran dapat memberi merasa kenyang lebih lama karena kandungan serat alami.

6. Minum dengan gelas ramping
Jika ingin minum koktail dengan makanan sebaiknya pilih gelas yang tinggi tapi dengan diameter yang kecil. Jika sajian minuman dingin Anda juga dapat menambahkan es batu agar terlihat lebih banyak tapi sebenarnya sedikit.

7. Batasi gangguan waktu makan
Matikan televisi dan taruh smartphone Anda untuk sementara waktu. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa orang yang makan sambil mengerjakan sesuatu hal lain akan makan lebih banyak dibandingkan makan dengan suasana yang nyaman dan sepi.

8. Modifikasi minuman
Banyak orang yang terbiasa mengonsumsi minuman manis. Sebaiknya setelah makan, seduh teh dengan aroma seperti peppermint, kayumanis, cokelat, atau rasa buah favorit. Ini merupakan salah satu cara agar dapat menghindari minuman soft drink aneka rasa.

Sumber: Detik
Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad

close