Ini yang Membuat Jakarta Terasa Dingin dan Berangin Hari Ini

Daftar Isi (toc)



Ada yang sedikit berbeda dengan cuaca Jakarta hari ini, Minggu (13/7/2014). Suhu Jakarta yang biasanya mencapai 30 derajat Celcius pada siang hari, saat ini suhunya hanya mencapai 25 derajat Celcius. Selain itu angin juga bertiup dengan cukup kencang. 

"Untuk suhu biasanya jam-jam segini bisa mencapai 30 derajat Celcius, tapi hari ini 25 derajat Celcius," kata Prakirawan BMKG kepada detikcom pukul 12.30 WIB, Minggu (13/7/2014). 

Selain suhu yang adem, kecepatan angin juga mengalami peningkatan. Jika biasanya kecepatan angin di Jakarta hanya 7 km/jam jam hingga 11 km/jam maka hari ini kecepatan angin mencapai 
20 km/jam. 

"Kalau hari-hari normal kecepatan angin bisa di bawah 7 km/jam tapi terkadang juga di bawah itu," katanya. 

Prakirawan itu menyatakan, suhu yang dingin ini disebabkan hujan yang turun sejak pagi hari. Hal ini menyebabkan suhu turun karena tak ada sinar Matahari yang menembus mendung di Jakarta. 

"Dari pagi kan sudah hujan, sehingga tak ada Matahari sehigga suhu turun," katanya. 

Sedangkan untuk angin kencang disebabkan adanya tekanan rendah di Samudera Hindia bagian barat Sumatera. Adanya tekan rendah ini membuat angin bergerak ke arah bagian tersebut.



Saat ditanya apakah penurunan suhu ini terkait dengan penurunan suhu di Brisbane yang mencapai suhu terdinginnya dalam 103 tahun terakhir, prakirawan itu belum dapat memastikannya. 

"Jaraknya jauh dari Jakarta, tapi masih dianalisis," katanya. 

Kota Brisbane mencetak rekor suhu udara pagi terdingin dalam 103 tahun terakhir, dengan temperatur rendah yang juga dirasakan di berbagai wilayah negara bagian Queensland.

Badan Prakiraan Cuaca setempat mengatakan, suhu di ibukota negara bagian ini turun hingga 2,6 derajat Celcius pada 12 Juli sebelum pukul 7 pagi waktu Australia bagian timur. Kota Clermont di Queensland tengah juga mencetak rekor suhu terendah pada 11 Juli, namun pagi ini kembali terpecahkan dengan suhu yang turun menjadi -4,5 derajat Celcius.


Sumber: Detik
Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad

close