Mobil Anda Menabrak Mobil Lain yang Diparkir? Lakukan Hal Berikut Ini

Daftar Isi (toc)

Pernahkah Anda ketika sedang berbelanja di pusat perbelanjaan dan ketika kembali ke mobil melihat bahwa ternyata mobil Anda lecet atau penyok akibat ditabrak oleh mobil lain yang entah di mana keberadaannya sekarang? Jika pernah, Anda pasti akan ngedumel di dalam hati atau berujung protes pada pihak keamanan.

Berdasarkan riset oleh Allstate Insurance pada tahun 2010, sekitar 96 persen kejadian tabrak lari melibatkan mobil yang sedang diparkir. Ini bukan masalah untung atau tidaknya Anda apabila mobil Anda dilindungi asuransi kendaraan bermotor.

Namun, ini adalah soal kesadaran diri sendiri. Bagaimana apabila ternyata Anda yang menabrak mobil lain yang sedang diparkir? Apakah Anda tahu bahwa mobil itu dilindungi asuransi atau tidak?

Jika Anda menabrak mobil yang sedang diparkir dan ternyata pemilik mobil itu sedang tidak di tempat, tindakan terbaik Anda adalah dengan bertanggung jawab terhadap kejadian itu, dan Anda mungkin akan merasa lega apabila dapat membantu orang lain yang ternyata mobilnya tidak dilindungi asuransi. Berikut ini adalah beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan apabila menabrak mobil yang sedang diparkir.

 Jangan kabur
Tindakan terbaik yang harus dilakukan ketika menabrak kendaraan lain tentunya dengan tidak melarikan diri. Anda harus berbesar hati untuk bertanggung jawab atas kesalahan yang terjadi.

Di jalan raya mungkin Anda memiliki kesempatan untuk melarikan diri. 

Namun, di tempat parkir, apalagi tempat parkir di dalam gedung, sangatlah sulit untuk melarikan diri.

Selain areanya yang kecil, kemungkinan lainnya adalah di tempat parkir tersebut ada kamera CCTV. Jangan pernah berpikir bahwa Anda bisa kabur dari hal tersebut.

 Mencari pemilik kendaraan
Jika Anda menabrak kendaraan lain dan pemilik kendaraan tersebut sedang tidak ada di lokasi, usahakan untuk mencari pemilik kendaraan itu dengan menghubungi pihak gedung dan memintanya untuk memberikan pengumuman.
Jika hal itu tidak berhasil juga, tinggalkan pesan di sebuah kertas dan letakkan di wiper mobil.

Jelaskan mengenai kejadian itu di pesan yang diberikan, dan jangan lupa tinggalkan nama serta kontak Anda agar pengemudi mobil yang ditabrak dapat menghubungi Anda. 

Dengan demikian, apabila ternyata mobil yang Anda tabrak tidak memiliki asuransi, Anda bisa bertanggung jawab dengan membantunya menyelesaikan masalah.

Anda akan lebih beruntung lagi apabila pemilik mobil kendaraan ternyata sudah dilindungi asuransi dan tidak menuntut Anda atas kejadian yang telah terjadi.

 Ketahui keadaan mobil yang ditabrak
Selain meninggalkan pesan di kertas, Anda juga perlu untuk mencatat mengenai kondisi mobil yang Anda tabrak serta kerusakan yang diakibatkan oleh Anda.
Selain itu, Anda juga perlu mencatat kondisi mobil sebelumnya, yakni kerusakan-kerusakan yang memang sudah ada sebelumnya.
Jangan sampai Anda dituntut untuk kerusakan yang bukan diakibatkan oleh Anda.
Jika ingin lebih mudah, foto atau direkam saja kondisi mobil tersebut menggunakan telepon genggam Anda.

 Beri tahu keamanan setempat
Selain mencoba untuk mencari pemilik kendaraan, Anda juga perlu untuk menghubungi pihak keamanan setempat, siapa tahu Anda membutuhkan saksi atau untuk meminta surat keterangan mengenai kejadian tersebut.
Namun, Anda jangan menyelesaikan perkara dengan pihak keamanan, tapi penyelesaian harus dengan si pemilik mobil. 

 Beri tahu perusahaan asuransi Anda
Selain memberi tahu pihak keamanan setempat, Anda juga wajib memberi tahu perusahaan asuransi kendaraan Anda. Beri tahukan secara detail mengenai kejadian sebenarnya. Apabila Anda memiliki perlindungan Tanggung Jawab Hukum terhadap Pihak Ketiga, Anda bisa menggunakan klausul tersebut untuk mengganti rugi terhadap mobil yang Anda tabrak.

Sumber: Detik
Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad

close