Sedang Gelisah dan Sedih? Perbaiki Suasana Hati dengan Teh Adas dan Teh Kunyit

Daftar Isi (toc)



Selain kaya akan antioksidan, teh baik untuk kesehatan jantung, pencernaan dan memperlambat proses penuaan. Teh dengan beragam paduan bahan juga mampu menurunkan stres dan memperbaiki suasana hati.

Kandungan theanine, asam amino dalam teh, bekerja sebagai antridepresan dan penghilang stres alami. Seperti beberapa pilihan teh yang bisa diminum saat untuk perbaiki suasana hati.


1. Teh Adas
Adas merupakan karbohidrat kompleks yang menstabilkan kadar glukosa. Kemampuan adas ini dapat membantu mencegah perubahan suasana hati. Sebab adas dapat meningkatkan senyawa serotonin dan endorfin. Cara membuat teh adas, hancurkan adas lalu tambahkan air dan didihkan selama 7 menit llau saring.

2. Teh Kunyit
Berdasarkan studi, kunyit dapat memperbaiki mood dan depresi. Kunyit dapat mempengaruhi senyawa serotonin dan dopamin yang berpengaruh terhadap turun naiknya suasana hati. Tambahkan sedikit kunyit pada teh. Teh kunyit dapat dibuat dengan mencampur kunyit dan jahe kering dengan madu hingga berbentuk seperti pasta padat. Kemudian tambahkan air panas dan aduk rata.

3. Teh Masala
Teh hitam kaya rempah ini berasal dari pengobatan tradisional Ayurveda di India. Dengan kandungan rempahnya, Masala Chai sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Teh ini berguna untuk pengendalian mood hingga peningkatan imunitas. Teh Masala dibuat dengan merebus susu dengan teh hitam, pekak, jahe, cengkeh, kayu manis, kapulaga, lada, air dan gula hingga mendidih. Saring tehnya sebelum disajikan.

4. Teh Ginseng
Ginseng yang banyak ditemukan di Asia Timur, dapat membantu produksi serotonin. Orang yang terkena depresi biasanya rendah akan kadar serotonin. Cara pembuatan teh ginseng adalah dengan merendam irisan akar ginseng dengan air panas selama 3-5 menit. Lalu saring airnya dan tambahkan madu untuk memberi rasa manis.

5. Teh Saffron
Saffron, rempah berwarna jingga cerah, bekerja efektif seperti obat antidepresan. Rempah ini juga membantu memperbaiki suasana hati dan depresi yang berkaitan dengan PMS pada wanita. Untuk membuat teh saffron, rendam 4-5 helai saffron dengan air hangat selama 5 menit. Kemudian tambahan air dan didihkan selama 5 menit lagi. Terakhir pindahkan saffron dan tambahkan madu.

6. Teh Sage
Teh sage dapat meningkatkan mood, daya konsentrasi, dan kerja mental. Teh ini dapat dibuat dari daun sage segar atau kering. Caranya adalah dengan merebus daun dalam air selam 10-15 menit, kemudian saring. Lemon, madu atau kayu manis dapat ditambahkan bila suka.

7. Teh Lemon Balm
Teh ini dibuat dari daun lemon balm kering yang memiliki aroma menenangkan seperti lemon. Lemon balm berguna untuk penurunan tekanan darah, terutama saat sedang stres. Teh lemon balm dibuat dengan merendam daun lemon balm kering dengan air panas dan didiamkan 15 menit. Saring airnya lalu tambahkan madu. Teh ini lebih nikmat ditambah es dan daun mint atau basil untuk meningkatkan aroma.

Sumber: Detik
Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad

close