Studi Ini Ungkap Mengapa Wanita 'Matang' Lebih Cepat daripada Pria

Daftar Isi (toc)



Pernahkah Anda memperhatikan bahwa remaja perempuan tampak lebih dewasa dibandingkan remaja laki-laki, meskipun memiliki usia yang sama? Tak sekadar teori, sebuah penelitian terbaru membuktikannya.

Studi yang dilakukan oleh Newcastle University ini menemukan bahwa pada dasarnya otak remaja perempuan memang 'matang' lebih dini dibandingkan remaja laki-laki. 

Dilansir Daily Mail, Senin (23/12/2013), para peneliti mengatakan temuan ini bisa juga membantu menjelaskan mengapa gadis-gadis remaja tampaknya tumbuh lebih cepat daripada teman sekelasnya yang laki-laki. 

Seiring dengan bertambahnya usia, bagian-bagian pada otak menjadi lebih kecil karena koneksi antar sel yang tidak perlu akan 'dipangkas'. Hal ini menyebabkan bagian pengolah menjadi lebih ramping dan efisien.

Untuk studi ini, ilmuwan melakukan scan otak pada 121 orang responden berusia 4-40 tahun. Dari hasil scan tersebut ditemukan bahwa proses pemangkasan tersebut dimulai pada sekitar usia 10 tahun untuk anak perempuan, sementara pada laki-laki baru pada sekitar usia 20 tahun. 

Menjelaskan proses perampingan otak tersebut, peneliti Dr Marcus Kaiser mengatakan bahwa itu merupakan bagian dari proses belajar yang normal. "Otak secara keseluruhan masih berkembang tetapi kehilangan koneksi. Serupa seperti jika Anda berada di sebuah pesta, semua orang berbicara, dan Anda tak bisa konsentrasi. Otak pun jika beberapa koneksinya tidak ada, akan lebih mudah baginya melakukan fungsinya," tutur Dr Kaiser.

Studi ini telah diterbitkan dalam jurnal Cerebral Cortex.


Sumber: Detik
Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad

close