Tetaplah Konsumsi Makanan Favorit untuk Turunkan Berat Badan

Daftar Isi (toc)

Demi penurunan berat badan banyak orang rela membatasi asupan makan. Akibatnya, malah sakit atau nafsu makan jadi tidak tertahan. Intuitive eating menjadi satu cara untuk membantu membangun hubungan sehat antara makanan dengan tubuh.


Dibanding berfokus pada apa yang harus dan tidak boleh dimakan, intuitive eating mendorong Anda untuk memperhatikan porsi, kapan, dan apa yang dimakan. Berikut ini tahap yang bisa Anda terapkan seperti yang direkomendasikan oleh EatingWell (14/03/2014).


1. Tidak menerapkan diet
Diet memberikan aturan tentang kapan dan apa yang Anda harus makan, makan intuitif berfokus pada Anda yang mengerti akan kedua hal tersebut. Tidak seperti diet, makan secara intuitif memungkinkan Anda mengonsumsi apapun yang diinginkan.

2. Hormati rasa lapar
Rasa lapar adalah cara tubuh menunjukkan Anda harus makan. Mulai konsumsi camilan sehat seperti buah saat mulai merasa lapar dalam tingkat sedang. Untuk mengenali rasa lapar dan kenyang ambil waktu sebelum dan setelah makan untuk meyakinkan apakah Anda benar-benar merasa lapar.

3. Berdamai dengan makanan
Banyak penelitian menyatakan membatasi asupan beberapa bahan makanan bisa memicu dorongan ngidam kuat dan makan berlebih. Jadi, lebih baik Anda mengonsumsi donat dan es krim saat Anda menginginkannya tanpa rasa bersalah.

4. Jangan mengkategorikan makanan
Berhenti mengkategorikan makanan baik atau buruk untuk tubuh dan melabelkan baik buruk diri Anda lewat apa yang dimakan. Membuang jauh-jauh aturan dan batasan adalah langkah penting untuk makan secara intuitif.

5. Menghormati rasa kenyang
Saat Anda bisa mulai menghargai rasa lapar, mulai sadari batas kenyang tubuh. Coba hindari rasa kenyang berlebihan, lebih baik makan secara perlahan dan menikmati hidangan yang disantap. Menurut Evelyn Tribole, M.S., R.D., penulis Intuitive Eating, kliennya yang mengonsumsi brownies dan kentang goreng dalam jumlah besar merasa santapan mereka kurang nikmat dan mulai berhenti memakannya.

6. Menemukan unsur kepuasaan saat bersantap
Menyantap makanan harus dinikmati dan menjadi pengalaman yang memuaskan. Karena itu, pastikan waktu makan tanpa gangguan seperti TV atau membagi makanan dengan teman. Faktor kepuasan merupakan hal terpenting untuk menyadari apakah konsumsi makanan sudah cukup. Tidak hanya itu, dengan mengetahui Anda bisa makan apa saja, konsumsi makanan akan lebih sedikit.

Sumber: Detik
Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad

close