Tidur Diiringi Musik Lembut Bisa Tingkatkan Memori Otak

Daftar Isi (toc)


Setelah lelah dengan segudang kegiatan sehari-hari tubuh memerlukan istirahat. Tidur merupakan pilihan utama untuk itu. Tetapi, tahukah Anda jika tidur diiringi musik dapat meningkatkan memori otak?
Sebuah penelitian yang telah dipublikasikan secara online dalam Jurnal Neuron di Cell Press, menemukan bahwa dengan memainkan musik yang lembut dan mengayun akan meningkatkan memori pada otak. Hal ini menunjukkan cara yang mudah dan non-invasif yang memengaruhi aktivitas otak manusia ketika tidur.
Seperti dikutip dari Times of India, Jumat (12/4/2013) dr Jan Born dari University of Tubingen, Jerman, mengatakan bahwa ini adalah stimulasi auditori pada intensitas rendah.
"Ini adalah keindahan dari kesederhanaan mengaplikasikan stimulasi auditori dengan intensitas rendah jika dibandingkan dengan stimulasi elektrik. Dan ini menggambarkan kesederhanaan alat yang digunakan pada lingkungan klinis yang dapat digunakan untuk meningkatkan ritme tidur," ujar dr Jan.
Dr Jan dan rekannya mengadakan tes ini dengan melibatkan 11 orang pada malam yang berbeda. Kemudian penelitian dilakukan selagi partisipan diberikan rangsangan suara atau rangsangan buatan.
Ketika para relawan yang diberikan rangsangan suara sudah terstimulasi dengan baik, maka osilasi otak mereka mulai menyesuaikan dengan ritmenya. Hasilnya, mereka menjadi lebih baik dalam mengingat kata-kata yang mereka pelajari sebelumnya.
Namun, jika stimulasi yang diberikan tidak sesuai, maka tidak akan efektif. Dalam penelitian ini juga diungkapkan bahwa stimulasi ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur.
Nah, Anda dapat mencoba dengan memasang musik instrumen piano atau gitar untuk meningkatkan kualitas tidur. Dengan memiliki tidur yang berkualitas, niscaya Anda memiliki produktivitas yang baik.


Sumber: Detik
Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad

close