Aneh, Di Daerah Ini Tidak Ada Satupun Alfamart, Indomaret dan Jaringan Minimarket Lainnya

Daftar Isi (toc)

Siapa sih yang tidak mengenal jaringan minimarket Alfamart dan Indomaret?

Alfamart dan Indomaret merupakan jaringan waralaba minimarket yang sudah tersebar luas di seluruh Indonesia. Jaringan ritel modern ini buka cuma terdapat di perkotaan saja karena di daerah pedesaan pun jaringan ritel ini tumbuh menjamur.

Hampir di setiap kelurahan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia pastilah ada terdapat Alfamart atau Indomaret.

alfamart di Padang
Salah satu toko Alfamart di Dago, Bandung, Jawa Barat

Namun hal tersebut merupakan sebuah kemustahilan di tanah Minangkabau, Sumatera Barat, di mana tidak ada satupun Alfamart, Indomaret dan ataupun jaringan waralaba minimarket lainnya yang bisa ditemukan di sana.

Benar sekali, apabila Anda berkunjung kota-kotadi ranah Minang seperti Padang, Bukittinggi dan sekitarnya, maka Anda tidak akan menemukan jaringan minimarket tersebut.

Apakah Alfamart, Indomaret dan jaringan minimarket lain tidak berniat mendirikan tokonya karena takut tidak laku? Jawabannya adalah bukan!

Penyebabnya adalah bukan karena pihak jaringan tidak berniat mendirikan cabang atau tokonya di ranah Minangkabau, namun melainkan karena pemerintah daerah setempat tidak memberikan izin kepada minimarket waralaba untuk beroperasi di wilayahnya.

Larangan itu diberlakukan lantaran pemerintah menganggap bahwa adanya minimarket seperti Alfamart atau Indomaret, bisa mematikan “kiprah” pedagang tradisional.

Hal itu juga pernah ditegaskan oleh Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, yang mengatakan kalau minimarket waralaba akan merusak ekonomi daerah. "Indomaret dan Alfamart tidak dikeluarkan izinnya karena akan merusak ekonomi daerah," kata Mahyeldi.

Menurutnya, akan ada banyak orang yang memilih belanja di minimarket ketimbang pedagang tradisional karena lebih modern dan barang-barangnya lebih lengkap.


Walaupun demikian, di Padang sendiri juga ada sebuah minimarket, hanya saja dimiliki oleh perorangan, bukan milik sebuah perusahaan.

Bagaimana menurut pendapat Anda?
(dari berbagai sumber)
Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad