Dilarang Dijual ke Negara Lain, Radar Vera NG Indonesia Sulut Emosi AS Karena Buat Jet Tempur Siluman F-35 Tak Berdaya

Daftar Isi (toc)

Pada awal pembuatannya, Amerika Serikat (AS) melakukan promosi yang gencar tentang kehebatan pesawat jet tempur terbarunya yaitu F-35.

F-35 pun juga ramah terhadap kantong namun tetap mempunyai kemampuan dan kecanggihan terbaiknya sehingga dianggap sebagai kekuatan armada udara masa depan militer AS.

Namun, ternyata AS tampaknya melupakan sebuah fakta bahwa bisnis teknologi militer dan pertahanan merupakan sebuah lingkaran setan yaitu dimana sebuah persenjataan canggih dirilis maka setidaknya ada satu atau lebih penangkalnya yang sudah atau sedang dibuat.

Itulah yang terjadi pada jet tempur kebanggaan AS ini, F-35 yang tentunya juga akan mendapatkan inovasi-inovasi untuk mengelabui sistem penangkal tersebut.

Salah satu sistem pertahanan militer yang menjadi "penawar" F-35 tersebut adalah radar pasif Vera NG buatan Omnipol Group, sebuah perusahaan persenjataan militer asal Republik Ceko. Dan Indonesia pun ditenggarai sudah membeli unit radar Vera NG ini untuk melindungi wilayah udaranya.

Namun mengenai berapa unit yang sudah dibeli dan dimana radar canggih tersebut akan ditempatkan hingga kini masih menjadi rahasia.

Secanggih apakah radar Vera NG ini?

Vera NG merupakan Passive Surveillance ESM Tracker Radar yang khusus dibuat untuk mampu mendeteksi keberadaan jet tempur siluman sekelas F-35 dan J-20 milik China.

Radar Vera NG juga bisa mengacaukan pantauan radar milik Lawan baik yang berasal dari pesawat, kapal perang bahkan satelit sekalipun.

Selain itu, radar ini juga bisa melakukan pengacakan terhadap aktifitas spionase jenis Electronic Intelligence (ELINT) milik lawan, sehingga data-data penting yang ama krusial sangat aman berkat adanya radar Vera NG ini.

Walaupun amat canggih, ternyata operasional radar Vera NG ini amat ringkas sehingga bisa dipindah-pindahkan serta dibawa kemana saja dengan menggunakan trĂ¼k kecil bahkan membawanya menggunakan mobil pick-up kecil pun bisa.

Radar Vera NG ini amat ringkas sehingga bisa dipindah-pindahkan secara cepat dan mudah


Daya jangkau spaan radar Vera NG ini pun amat jauh yaitu bisa mencapai 400 km dari titik tempatnya dioperasikan.

Selain melakukan pembelian radar Vera NG ini, Indonesia juga dikabarkan hendak menjalin kerja sama dengan Republik Ceko untuk pembuatan radar (transfer teknologi) walau tidak diketahui jenis radar apa yang menjadi basis kerjasama kedua negara ini.

"CSG Aerospace mendapatkan berbagai macam teknologi alutsista mutakhir hasil penelitian dan pengembangan, dengan harapan bahwa kedepannya industri pertahanan Indonesia bisa terlibat dalam program Transfer of Technology (toT), khususnya teknologi radar," tulis kemhan.go.id

Karena Vera NG ini bisa mengancam eksistensi F-35 lantaran bisa membuat pesawat jet tempur siluman tersebut tidak berdaya.

Terlebih lagi pihak Republik Ceko lebih terbuka dalam proses penjualan Vera NG ke negara-negara Asia Tenggara dan Timur Tengah.

Hal tersebut karuan saja membuat AS melalui NATO saat ini melarang penjualan radar VERA NG ke negara lain karena bisa merusak citra serta omzet penjualan F-35 Lightning II tersebut.

Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad