Ini Alasan Ahok Membolehkan Uber Untuk Terus Beroperasi

Daftar Isi (toc)

Terkait kontroversi perihal perizinan operasi angkutan umum berbasis aplikasi, pihak Uber mengumumkan bahwa mitranya di Indonesia telah memperoleh akta pendirian koperasi dari Kementerian Koperasi dan Usaha, Kecil, dan Menengah. 

Menanggapi hal itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyatakan bahwa mobil Uber dapat beroperasi.

Ahok soal Uber Taxi
Uber Taxi

"Ya enggak apa-apa. (Uber) berarti boleh beroperasi," kata Basuki singkat, di Markas Polda Metro Jaya, Senin malam 21 Maret 2016.

Walaupun demikian, Ahok menyatakan bahwa tidak serta merta Uber akan "dilepas" begitu saja. Ahok akan menindaklanjuti bahwa dirinya akan segera mengecek terlebih dahulu kebenaran hal tersebut kepada Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta. 

Secara legal, dengan membentuk koperasi, nantinya pemilik mobil Uber wajib membayar pajak penghasilan.

Mobil-mobil Uber pun harus didaftarkan ke Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta serta Polda Metro Jaya, kemudian harus melalui uji kir, penempelan stiker Uber, pembentukan perusahaan dengan izin dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), merumuskan tarif taksi bersama Organda, serta pendaftaran nomor pokok wajib pajak (NPWP).

"(Uber) boleh kok, tuh (beroperasi), kalau ada koperasi. Kalau sudah punya koperasi, berarti sudah ada (izin)," kata Basuki.

Selain mengklaim telah memperoleh akta pendirian koperasi dari Kementerian Koperasi dan Usaha, Kecil, dan Menengah, Uber juga mengaku sedang mengurus pengajuan KIR

Melalui blog resmi Uber yang ditulis pada Senin 21 Maret 2016), juru bicara Uber di Indonesia, Amy Kunrojpanya, menulis, "Hari ini dengan gembira kami umumkan bahwa mitra Uber, yaitu Koperasi Jasa Trans Usaha Bersama, telah memperoleh akta pendirian koperasi."


Izin koperasi adalah solusi pemerintah terhadap kontroversi antara penyedia layanan ride sharing dengan bisnis transportasi konvensional, setelah sebelumnya ditentang.

Persaingan angkutan umum semakin ketat di Jakarta, dan ini bisa dikatakan menguntungkan konsumen.
(Uber, Kompas)
Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad