Ini Alasan-alasan Penting Mengapa Anda Harus Menulis Jurnal Traveling

Daftar Isi (toc)

Setiap orang amat menyukai traveling dan juga membagikan foto-foto traveling-nya tersebut ke media sosial. Namun daripada sekadar memposting dan memamerkan foto-foto di media sosial lebih baik menuliskan catatan perjalanan tersebut dalam sebuah blog.

Meskipun kita tidak sering travelling, ternyata membuat sebuah jurnal berbentuk blog untuk mengabadikan perjalanan liburan tersebut amat penting. Mengapa?

traveler bikini
Selalu sempatkan waktu untuk menulis pengalaman perjalanan Anda (sumber foto: Triooz.com)

Inilah alasannya mengapa menulis catatan perjalanan amat penting dan bisa dipertimbangkan untuk diseriusi:

1. Bisa menyimpan setiap detail untuk kemudian dibaca lagi
Daya ingat manusia amat terbatas walau ia mempunyai kecerdasan tinggi. Selalu akan ada detail dalam pengalaman traveling yang pasti terlupakan apabila tidak diabadikan. Selain itu ada banyak hal yang tidak bisa diabadikan dengan jepretan kamera. Tidak selamanya gambar menceritakan seribu bahasa..

2. Bisa menampung inspirasi yang didapat selama traveling
Ini bukan omong kosong. Seringkali seseorang mendapat ide, inspirasi dan pemikiran cemerlang selama perjalanan. Adalah hal baik apabila segera dituangkan dalam sebuah tulisan, selain untuk membunuh waktu tentunya.

3. Catatan perjalanan bisa bangkitkan motivasi untuk travelling lagi
Siapapun pasti akan terkesan apabila melihat dan membuka-buka kenangan traveling yang pernah dilakukan. Disadari atau tidak, hal tersebut akan memotivasi kita untuk melakukan perjalanan lagi. Tulisan tersebut bisa memotivasi kita untuk bekerja keras dan semangat agar bisa mengumpulkan uang untuk traveling yang lebih berkesan. Kalau kita bekerja semangat, tentunya berpengaruh positif juga bagi karir dan pekerjaan kan?

Tulisan-tulisanmu bisa menjadi alasan bagimu untuk bermimpi melakukan perjalanan yang lebih besar, pergi ke tempat yang lebih jauh, atau menciptakan memori perjalanan lain yang lebih berkesan.

4. Kita bisa menginspirasi dan membantu calon traveler lewat tulisan yang kita buat
Postingan blog atau detail perjalanan yang kita tulis secara terperinci bisa menjadi sumber informasi bagi orang lain yang ingin mengunjungi tempat yang sama.

5. Catatan perjalanan bisa memperluas koneksi dan pergaulan yang berguna untuk kita di kemudian hari
Postingan catatan perjalanan kita di blog, percaya atau tidak, bisa menjadi sarana untuk menjalin koneksi yang lebih luas, entah itu dengan traveller lain atau komunitas pecinta travel.

Catatan perjalanan juga bisa dijadikan portofolio. Kamu juga bisa mendapatkan uang dari sini. Banyak travel blogger yang digandeng perusahaan untuk endorsement dengan cara ini, lho. Contohnya seperti yang dilakukan oleh Marischka Prudence.

Marischka Prudence
Marischka Prudence mendapat banyak uang dengan menulis catatan perjalanannya. Bisa dibilang wanita cantik ini dibayar untuk traveling. Asyik kan? (sumber foto: Marischka Prudence's blog)

Ia resign dari pekerjaannya sebagai presenter Metro TV yang melambungkan namanya untuk menjadi full time travel blogger dan mendapat banyak uang dari situ.
Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad