Ini Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Perempuan Pengemudi Bila Ban Kempes Di Jalan

Daftar Isi (toc)

Mobil mogok karena mesin bermasalah atau ban bocor bisa terjadi kapanpun dan di manapun dan menimpa siapa saja, tak terkecuali para wanita yang mengemudikan mobil. Hal ini menjadi tantangan bagi perempuan pengemudi, apalagi jika berkendara sendiri atau lokasi kejadian jauh dari bengkel.

Kaum wanita biasanya mengalami kesulitan untuk mengganti ban sendiri karena harus mengeluarkan ban cadangan yang berat, membuka baut, mendongkrak mobil, dan sebagainya.

Karena itu, menurut pemerhati safety driving yang juga pemilik Rifat Drive Labs (RDL) Rifat Sungkar, perempuan pengemudi sebaiknya langsung meminta bantuan orang di sekitar lokasi untuk mengganti ban. Atau bila lokasinya sepi, pengemudi bisa menelefon pihak terkait yang bisa membantu mengganti ban.

Wanita Cantik Pengemudi Mobil
Ilustrasi wanita pengemudi yang mengalami ban kempes saat mengemudi

Oleh sebab itu, kata Rifat, penting bagi perempuan pengemudi untuk menyimpan nomor-nomor telepon penting di mobil.

"Bukannya mengecilkan pengemudi perempuan, tapi paling benar itu meminta bantuan dari orang di sekitar atau menghubungi nomor kontak yang sebelumnya sudah dicatat. Mengganti ban mungkin terlihat sepele, tapi jangan coba-coba jika tak terbiasa karena risikonya bisa fatal," ujarnya.

Namun jika kondisinya sudah tidak memungkinkan dan terpaksa mengganti ban sendiri, Rifat membeberkan 5 hal yang harus diperhatikan para perempuan pengemudi, yaitu: 

1. Jangan sampai salah parkir. Jika pengemudi salah parkir, mobilnya akan sulit didongkrak. Akibatnya proses mengganti ban yang kempes sulit dilakukan.

2. Pastikan posisi dongkrak pas. Ini bagian paling penting, pasalnya dongkrak menjadi pengganti bobot mobil yang mulanya ditanggung oleh ban. Jangan sampai dongkrak meleset ketika hendak mengganti ban.

3. Ganjal kolong mobil dengan ban. Saat sedang mendongkrak, bisa letakkan ban cadangan di kolong mobil untuk mencegah mobil saat mobil sewaktu-waktu terjatuh.

4. Membuka baut roda. Ini sangat sulit dilakukan oleh perempuan, namun bisa dicoba secara perlahan. Jangan lupa buka baut terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak.

5. Memasang ban. Tahapan paling berbahaya ialah saat memasang ban, pasalnya harus dipastikan lubang pada pelek sesuai dengan posisi baut dan dipasang dengan kencang. Jika tidak maka ulir baut roda akan rusak dan paling parah ban bisa lepas ketika mobil dikendarai.


Sebenarnya untuk penggunaan ban tubeless, kecil kemungkinan pengemudi mengalami masalah seperti ini asalkan keempat ban diperiksa rutin sebelum mobil digunakan. Jika ada ban yang tekanannya kurang bisa dicek terlebih dulu penyebabnya, apakah karena tertusuk paku dan benda tajam lainnya atau karena penyeban lain. Kalaupun ada bagian yang bolong bisa langsung diperbaiki di rumah sehingga ada yang akan membantu.

Semoga bermanfaat.
Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad