Kampanye Di Kali Kebagusan, Ini Alasan Ahok Ingin Gusur Warga di Bantaran Kali Kebagusan

Daftar Isi (toc)

Persaingan antara para calon gubernur dalam Pilkada DKI 2017 kini semakin ramai dan seru saja setelah kini memasuki masa kampanye. Gubernur petahana DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pun ikut berkampanye.

Ahok pada hari Senin 31 Oktober 2016 ini berkampanye di daerah Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Tak lupa ia pun meninjau pemukiman penduduk di sekitar Kali Kebagusan.

Ahok kampanye di kali kebagusan
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat meninjau Kali Kebagusan saat berkampanye di daerah tersebut

Saat berada di daerah pemukiman warga di bantaran Kali Kebagusan, Ahok pun menerima laporan dari warga setempat bahwa pemukiman tempat tinggal mereka selalu kebanjiran.

Menanggapi keluhan warga, Ahok mengatakan bahwa Kali Kebagusan perlu diperlebar dan dinormalisasi. Ia pun mengatakan bahwa pelebaran berarti akan ada konsekuensi yaitu rumah warga harus ada yang digusur.

Pada kesempatan ini, Ahok dengan sabar menemui warga dari rumah ke rumah dan mengadakan dialog dan mendengarkan keluhan warga. Dari dialog itu, warga melaporkan kepada Ahok bahwa lingkungan tempat tinggal kerap kebanjiran.

"Apalagi kalau hujan gede, Pak," kata salah seorang warga.

Kepada warga, Ahok menyatakan banjir terjadi karena permukiman warga terlalu dekat dengan kali. "Kondisinya sama kayak di Kampung Pulo sama Bukit Duri. Jadi tinggalnya di bawah sungai. Makanya kerendem," ujar Ahok.

Ia menilai, pencegahan banjir perlu dilakukan dengan cara melebarkan kali. Namun, konsekuensinya harus ada rumah yang dibongkar. Warga yang rumahnya tergusur akan disediakan rumah susun sewa.

"Makanya kami minta berapa rumah (dibongkar), nanti dipasangi beton, baru dikeruk," kata Ahok.

Setelah berdialog, Ahok langsung meninjau Kali Kebagusan yang berada tepat di samping pemukiman warga. Kali Kebagusan sama sekali tidak memiliki turap. Saat kedatangan Ahok, ketinggian permukaan air hanya beberapa sentimeter di bawah lantai rumah warga.

Dalam kunjungannya itu, Ahok didampingi sejumlah anggota tim kampanyenya, di antaranya dua anggota Fraksi PDI-P di DPRD DKI, yaitu Merry Hotma dan Yuke Yurike.
(istimewa)
Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad