Klarifikasi Resmi Presiden Jokowi Soal Jumlah Tenaga Kerja China Di Indonesia

Daftar Isi (toc)

Isu serbuan tenaga kerja asal China ke Indonesia sejak awal pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membuat kegaduhan. Dan kegaduhan tersebut semakin gaduh saja akhir-akhir ini di media sosial.

Untuk meluruskan masalah, maka Presiden Jokowi pun mengklarifikasi isu terkait serbuan tenaga kerja China ke Indonesia. 

Secara tegas Jokowi membantah bahwa tenaga kerja asal China yang masuk ke Indonesia jumlahnya mencapai puluhan juta.

Tenaga kerja asal China
Foto tenaga kerja asal China yang dishare oleh sebuah blog

"Banyak yang bersuara tenaga kerja Tiongkok yang masuk ke Indonesia sepuluh juta, dua puluh juta, itu yang ngitung kapan?" kata Jokowi saat membuka Deklarasi Pemagangan Nasional Menuju Indonesia Kompeten di Karawang, Jawa Barat, Jumat 23 Desember 2016.

Secara tegas Jokowi mengatakan bahwa sebenarnya tenaga kerja China di Indonesia saat ini hanya berjumlah 21.000 orang. Menurut Jokowi, jumlah itu sangat kecil dibandingkan jumlah tenaga kerja Indonesia di negara lain, yaitu di Malaysia jumlah TKI disana mencapai 2 juta orang. Sedangkan di Hongkong mencapai 153.000 orang.

"Hitungan kita 21.000 itu sangat kecil sekali. Jangan ditambahi nol terlalu banyak," ucap Jokowi sembari menggeleng.

Fakta lainnya yang disampaikan oleh Presiden Jokowi adalah bahwa pemerintah menargetkan untuk mendatangkan wisatawan asal China sebesar 10 juta orang. Itu karena China yang jumlah penduduknya besar dan ekonominya kuat merupakan pasar untuk mengeruk devisa

Sayangnya, kata Jokowi, ada pihak yang memelesetkan fakta tersebut: dari turis menjadi tenaga kerja.

Menurut Jokowi, secara logika pun tidak mungkin banyak tenaga kerja dari China, Amerika, dan Eropa yang mau bekerja di Indonesia.

Sebab, gaji di negara tersebut jauh lebih baik ketimbang di Indonesia. "Mana mau mereka ke sini dengan gaji yang lebih kecil. Ini saya sampaikan agar jangan sampai rumor berkembang di mana-mana," ucap Jokowi.


Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad