Solusi Penanggulangan Banjir Jakarta: Bahan Penyerap Banjir

Daftar Isi (toc)

Di perkotaan, khususnya di kota metropolitan seperti Ibukota Jakarta dimana lahan banyak yang sudah tertutup oleh beton, hujan merupakan sebuah masalah besar.

Jika hujan turun, maka akan timbul genangan atau banjir yang lama surut sehingga bisa merusak infrastuktur seperti jalan yang menjadi rusak dan berlubang. Sebuah hal yang kini jamak terjadi di Jakarta dan sekitarnya seiring dengan meningkatnya curah hujan dan alih fungsi lahan terbuka hijau menjadi bangunan beton.

Oleh karena hal tersebut, bisa jadi penemuan penting ini bisa menjadi sebuah solusi yang ampuh dan efektif bagi kota seperti Jakarta apabila mengalami banjir.

Penemuan yang dinamakan Topmix Permeable  ini bisa menyerap air dengan cepat hingga 880 galon per menit. Sistem kerjanya, air yang terserap bisa dialirkan ke irigasi atau bahkan bisa dijadikan air minum.

Cara kerjanya bisa dilihat dalam video demonstrasi berikut ini:



Mungkin Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) patut mempertimbangkan hal ini sebagai salah satu cara jangka pendek untuk menanggulangi banjir.

(istimewa)
Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad