Tips dan Trik Tinggal di Jepang Bagi Warga Asing

Daftar Isi (toc)

Bagi kebanyakan orang, tinggal atau bahkan menetap di luar negeri merupakan sebuah tantangan besar, terlebih lagi apabila negara tersebut memiliki tradisi dan bahasa yang berbeda. Nah, yang dibahas disini adalah Jepang.

Tips dan Trik Tinggal di Jepang Bagi Warga Asing
Keindahan Gunung Fuji (photo by: Japan Guide)

Agar bisa tinggal dengan nyaman di Jepang, maka selain perlu mempelajari bahasanya, kita juga perlu beradaptasi dengan mengikuti budaya dan tradisi setempat.

Berdasarkan pengalaman mereka yang harus tinggal ke luar negeri dalam jangka lama, pindah ke negara lain akan terasa seperti pengulangan hidup, karena untuk terbiasa dengan negara tersebut diperlukan waktu dan kerja keras sampai terbiasa dan akhirnya betah.

Berikut ini adalah tips dan trik sederhana bagi warga asing yang akan ataupun sudah tinggal di Jepang:

1. Pertokoan
Apabila Anda pernah mendengar pernyataan dan beberapa orang bahwa biaya tinggal di Jepang sangatlah tinggi, maka yang mereka katakan tidak salah sebab biaya tenaga kerja yang tinggi dan penjagaan kualitas produk yang dibuat di negara ini sangatlah tinggi. Produk berlabel “Made in Japan” memang terkenal mahal, tetapi bila kita tinggal di Jepang, ada banyak cara untuk menghemat pengeluaran, karena kita bisa memenuhi kebutuhan dengan berbelanja di toko 100 yen, toko barang bekas, toko grosir atau diskon, dan masih banyak tempat lainnya.

2. Barang Perlengkapan Rumah Tangga
Jumlah toko perabot dan peralatan rumah jumlahnya sangatlah banyak di Jepang dan tersebar di mana-mana. Jenisnya juga beragam mulai dari kelengkapan harian, barang keperluan gaya hidup sampai dengan barang untuk kepentingan DIY (do it yourself). Tidak hanya itu, produk perlengkapan rumah tangga di negara ini juga terus dikembangkan menjadi lebih praktis karena menyesuaikan kebutuhan rumah Jepang yang sempit, barang tipe ini dikenal dengan “benri-goods”

3. Makanan
Untuk tips sehubungan dengan makanan, di berbagai tempat di Jepang ternyata banyak yang menjual bumbu-bumbu, toko sayuran segar murah, hingga restoran sushi dengan harga terjangkau. Usahakan untuk mengunjungi pasar untuk mendapat bahan makanan segar. Biasanya, berdasarkan keterangan beberapa kawan yang lama tinggal di Jepang, apabila sudah kenal beberapa pedagang dan berlangganan serta sudah saling kenal, mereka tidak akan segan memberikan potongan harga. Ya, juga ada "harga teman" disana walau marginnya tidak besar namun cukup lumayan untuk sekadar menghemat biaya hidup.
Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad