Waspadai 7 Tanda dan Gejala Serangan Jantung Pada Wanita

Daftar Isi (toc)

Sakit pada dada merupakan gejala umum serangan jantung
Serangan jantung merupakan momok bagi siapapun. Serangan jantung bukan hanya banyak menyerang kaum pria namun juga menyerang kaum wanita.

Penyebab serangan jantung adalah karena ada penumpukan lemak (plak) pada arteri. Lemak ini makin lama makin banyak dan menebal sehingga mengeras dan menebal sehingga menimbulkan atherosclerosis yang menyebabkan tersumbatnya aliran darah sehingga terjadilah serangan jantung.

Golongan yang mempunyai resiko tinggi terkena serangan jantung adalah apabila dalam anggota keluarganya ada yang pernah mengalami gangguan dan serangan jantung, mempunyai riwaayt tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, suka merokok, sering stress dan gaya hidup yang tidak sehat (jarang berolahraga dan makan makanan berserat).

Serangan jantung pada kaum wanita dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu, kenalilah 7 tanda-tanda atau gejala serangan jantung pada wanita:

1. Mual atau muntah
Jika merasa mual dan kemudian muntah maka kemungkinan besar itu adalah tanda-tanda serangan jantung. Gejala tersebut diikuti pula oleh gejala lainnya seperti kehabisan nafas, keringat dingin dan sakit pada dada.

2. Dada berdebar-debar atau kehabisan nafas
Ada sedikit kesamaan antara serangan panik dan serangan jantung pada tubuh Anda. Serangan panik bisa ditimbulkan akibat stress atau depresi tingkat tinggi. Sementara serangan jantung dimulai dengan pelan lalu langsung menjadi cepat. Jika Anda sudah merasa akan terkena serangan jantung segeralah datang ke Unit Gawat Darurat di rumah sakit terdekat.

3. Merasa sakit pada rahang
Sakit pada rahang merupakan salah satu gejala yang timbul saat terjadinya serangan jantung. Hal ini disebabkan oleh saraf yang berhubungan langsung dengan jantung. Jika Anda kerap merasakan sakit pada rahang, kemungkinan besar adalah gejala serangan jantung.

4. Pusing/sakit kepala
Jika Anda kerap merasa pusing tanpa alasan yang jelas (ketika sedang berolah raga atau dehidrasi) artinya jumlah darah tidak mampu mencapai ke jantung, terutama jika hal ini dibarengi dengan keluarnya keringat dingin dan kehabisan nafas.

5. Sakit yang berkelanjutan pada bagian dada atau perut
Jika dalam kurun waktu berhari-hari Anda mengalami sakit yang hilang timbul pada bagian dada dan perut, bisa jadi Anda sedang mengalami gejala serangan jantung.

6. Mudah lelah
Apabila Anda merasa mudah lelah walaupun hanya beraktifitas ringan atau bahkan Anda tidak bisa berjalan usai beraktifitas sederhana, maka bisa jadi hal tersebut merupakan gejala serangan jantung.
(Women's Health)
Find Out
Related Post

Ikuti Hotgirlsinc.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad